Pendangkalan Sungai Picu Banjir di Kaliori serta Sumber

Rembang, rembangnews. com– Pemerintah Kabupaten Rembang lewat Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ mengantarkan, sebagian titik banjir di Kabupaten Rembang diakibatkan terdapatnya pendangkalan sungai yang dilalui air dari waduk Randugunting.

Pihak pemerintah beranggapan kalau pendangkalan sungai tersebut menyebabkan Kecamatan Kaliori serta Kecamatan Sumber dilanda banjir besar.

Dikala ini Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah( BPBD) Kabupaten Rembang berupaya melaksanakan normalisasi kawasan tersebut. Tetapi demikian, Pemkab Rembang tidak dapat langsung melaksanakan normalisasi. Alasannya, sungai tersebut masuk daerah kewenangan Balai Besar Daerah Sungai( BBWS) Pemali Juwana.

“Karena masuk BBWS Pemali Juwana kami tidak bisa serta-merta (normalisasi). Per hari ini, kami layangkan izin normalisasi ke balai tersebut,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga :   Ibu Hamil dan Menyusui Hindari Pakai Retinol, Ini Alasannya

Penyebab lain terjadinya banjir yaitu adanya beberapa titik drainase yang kurang optimal. Di beberapa titik, seperti Desa Megulung dan wilayah Sumber Timur, drainase tidak bisa menampung air dalam jumlah banyak. Akibatnya air luapan dari sawah menyebabkan banjir dan masuk ke jalan raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *