Keunikan Pondok Pesantren Kauman di Rembang

Rembang, Rembangnews.com – Keunikan pondok pesantren Kauman di Rembang sudah terbukti, hal tersebut terletak pada ornament ponpes yang identik dengan kesan Tionghoa.

Kabupaten Rembang dikenal sebagai Kota Santri, yangmana di bagian Timur Rembang ini merupakan kawasan dengan pondok pesantren terbanyak.

Salah satu pondok pesantren yang memiliki keunikan terletak di Desa Karangturi Kecamatan Lasem. Di desa ini banyak sekali etnis Tionghoa yang bermukim di sana.

Dengan adanya kaum Tionghoa ini menjadikan Pondok Pesantren Kauman sebagai pondok yang cukup unik. Hal itu dapat diketahui dari ornamen-ornamen pondok yang berbeda dengan pondok pesantren di Rembang lainnya.

Awalnya KH. M. Zaim Ahmad Ma’shoem selaku pengasuh sekaligus pemilik pondok ini tidak berniat mendirikan pondok pesantren. Dirinya hanya membeli rumah untuk pindah bersama keluarganya dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hidayat.

Baca Juga :   Alasan KPK Tak Beri Bantuan Hukum pada Firli Bahuri

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya waktu, para murid dari Gus Zaim yakni panggilan akrabnya, memintanya untuk mengajar di rumahnya itu. Lantaran murid yang belajar semakin banyak, Gus Zaim memutuskan untuk menambah beberapa kamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *