Pandemi Superbug Kebal Antibiotik Bikin Geger India, Apa Itu?

Lantas apa itu pandemi superbug? Berikut ulasannya :

 

Pandemi Superbug

 

  1. Apa Itu Superbug?

Kasus infeksi superbug di India melonjak sebesar 10 persen dalam satu tahun. The Indian Council Medical Research mendesak pemerintah India untuk terus melakukan pencegahan krisis kesehatan akibat penyakit ini.

Superbug adalah strain patogen (bakteri, virus, parasit, dan jamur) yang resisten terhadap antibiotik. Artinya, patogen mengembangkan kemampuannya untuk melawan obat yang biasa terresepkan. Kondisi tersebut akibatnya akan menyebabkan resistensi antibiotik. Salmonella nontifoid yang resisten terhadap obat, Tuberculosis yang resisten obat, dan masih banyak lagi. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin lebih berisiko terinfeksi. Berikut ini adalah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui seputar infeksi ini:

  • Bakteri Jadi Penyebabnya
Baca Juga :   5 Tips Agar Kaki Terbebas dari Kutu Air Setelah Terendam Banjir

Setiap spesies bakteri berpotensi untuk menjadi superbug. Infeksi ini semakin banyak terjadi akibat penggunaan antibiotik yang kurang tepat. Ketika seseorang mengonsumsi antibiotik tidak sesuai anjuran, maka bakteri tidak akan sepenuhnya menghilang dan tersisa dalam tubuh. Apapun jenis bakteri yang tersisa dalam tubuh dapat berevolusi untuk bertahan hidup dari antibiotik yang digunakan.

  • Jenis Bakteri Pemicu Infeksi

Terdapat 12 keluarga bakteri yang berpotensi untuk memicu infeksi ini. Bakteri ini terdapat tiga karakter, yaitu kritis, tinggi, dan sedang. Sedangkan, ada tiga jenis jenis keluarga bakteri yang masuk ke dalam karakter kritis dan perlu diwaspadai, seperti:

  • Enterobacteriaceae (CRE). Bakteri ini menyebabkan kematian sebesar 50 persen pada pengidapnya.
  • Acinetobacter baumannii. Bakteri ini memicu risiko penyakit pneumonia dan infeksi darah.
  • Pseudomonas aeruginosa. Bakteri ini dapat menyebar melalui peralatan medis yang terkontaminasi dan tidak steril.
  1. Gejala Pandemi Superbug

Mengutip Healthline, bagi sebagian orang, infeksi superbug tidak menimbulkan gejala termasuk pandemi superbug India. Misalnya, N gonorroeae atau bakteri menular seksual yang sering tidak terdeteksi karena tidak langsung menunjukkan gejala. Jika tidak diobati, gonore dapat merusak sistem saraf dan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *