Lakukan 9 Tips Ini bagi Kamu yang Sedang Program Hamil

Rembangnews.com – Bagi kamu yang sedang program hamil bisa melakukan beberapa tips ini agar cepat hamil. Kehamilan merupakan suatu hal yang dinantikan oleh pasangan suami istri.

Bagi seorang istri, bisa cepat hamil setelah menikah adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Apalagi bagi setiap pasangan yang ingin segera memiliki buah hati.

Kamu perlu melakukan beberapa cara atau tips agar kamu cepat hamil. Meskipun proses kehamilan pada seseorang berbeda-beda. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips dalam artikel ini.

Berikut ini adalah 9 tips cepat hamil untuk kamu yang sedang menjalankan program hamil :

  1. Mengetahui masa subur

Seorang istri harus mampu mengetahui kapan masa suburnya. Bercinta saat masa subur adalah waktu terbaik agar cepat hamil. Namun, hal ini tentu saja juga dipengaruhi oleh siklus haid. Apalagi jika siklus haid atau menstruasi tidak teratur, maka kamu perlu mencatat dan menghitung kapan masa subur setiap bulan.

  1. Berhubungan intim pada waktu yang tepat

Suami dan istri tidak harus melakukan hubungan intim setiap hari. Namun, waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim yaitu setiap dua hari sekali. Kamu juga bisa melakukan hubungan intim pada hari keempat setelah selesai menstruasi.

  1. Mencari posisi yang nyaman saat berhubungan

Seseorang pasti memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Jadi, cobalah untuk mencari posisi yang nyaman saat berhubungan intim.

  1. Cek kesehatan secara rutin

Pastikan kamu selalu rutin untuk cek kesehatan agar mengetahui apakah suami atau istrimu mempunyai penyakit tertentu. Jika memang terdapat menyakit yang mengganggu kesuburan, maka dokter pasti akan memberikan saran. Beberapa penyakit yang bisa mengganggu kehamilan dan kesuburan yaitu, hepatitis B, HIV dan toksoplasma.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Jika sepasang suami istri belum memiliki buah hati, cobalah untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Cobalah untuk rutin berolahraga dengan pasangan. Sebab olahraga mampu meningkatkan kesuburan. Ada baiknya jika rutin melakukan olahraga ringan setiap hari selama 30 menit. Selain itu juga hindari merokok dan minum alkohol.

  1. Rileks dan hindari stress

Selain dapat menyebabkan keguguran, nyatanya stress juga bisa menghambat kehamilan. Stress bahkan bisa membuat seorang istri kehilangan mood untuk berhubungan intim. Selain itu, daya tahan tubuh juga akan menurun. Jadi jaga baik-baik mood istrimu.

  1. Konsumsi banyak serat

Bagi kamu yang sedang melakukan program hamil sebaiknya perbanyak konsumsi serat. Dalam sehari, calon ibu harus mengonsumsi serat sebanyak 25 gram. Kamu bisa memperoleh asupan serat dari berbagai makanan dan buah seperti alpukat, ubi, kacang-kacangan dan gandum.

  1. Jaga berat badan

Berat badan yang berlebih dapat mengganggu kesuburan, demikian pula dengan berat badan yang kurang. Hal tersebut karena bisa merangsang produksi hormone esterogen yang berlebih, sehingga dapat mengganggu ovulasi.

  1. Konsumsi asam folat

Asam folat merupakan salah salah satu jenis vitamin untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah dan menjaga daya tahan tubuh. Namun, asam folat ini juga berguna untuk meningkatkan kesuburan dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin. Dalam mengonsumsi vitamin ini harus berkonsultasi dengan dokter dulu agar mengetahui cara yang tepat untuk mendukung program hamil.

Baca Juga :   Kenali Resiko Stunting Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *