5 Bahaya Salah Pilih Sepatu Sebabkan Luka pada Kaki

Rembangnews.comSepatu merupakan alas kaki yang sering digunakan sebagai pengganti sendal. Tentu saja kamu harus menggunakan sepatu yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki.

Sebab, jika ukuran sepatu terlalu besar atau terlalu kecil akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemakainya. Lebih parahnya lagi, akibat alas kaki yang terlalu kecil dapat menyebabkan luka hingga cedera kaki. Bagi sebagian orang yang sudah parah bahkan hingga menemppuh jalur operasi.

Dalam memilih alas kaki kamu perlu memperhatikan kenyamanan, tidak hanya keindahannya saja, hal ini tentu saja untuk keamanan dan kenyamanan kaki kamu. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dikarenakan salah pilih sepatu hingga menyebabkan luka pada kaki.

  1. Bunion

Bunion adalah sebuah benjolan tulang yang terbentuk di pangkal jempol kaki. Biasanya bunion karena oleh faktor genetik. Namun bunion juga dapat terjadi sebab penggunaan sepatu yang terlalu kecil atau ketat. Jika kamu tetap memaksakan menggunakan alas kaki tersebut, bunion akan semakin besar dan menyakitkan.

  1. Hammer Toe

Hammer Toe biasanya terjadi karena genetik. Namun penyakit ini juga dapat muncul ketika terjadi radang sendi atau saat memakai sepatu dengan ukuran yang tidak pas atau terlalu kecil. Kelainan ini mempengaruhi bentuk jari kaki telunjuk atau tengah. Jadi untuk menghindarinya, kamu perlu menggunakan alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki.

  1. Kapalan

Kapalan adalah kondisi ketika lapisan kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya kapalan terjadi saat kulit mencoba melindungi diri dari sebuah gesekan atau tekanan. Biasanya kapalan sering terjadi pada kaki yang memakai sepatu terlalu ketat atau kecil.

  1. Cantengan

Cantengan atau sebuah kondisi kuku yang masuk ke dalam daging biasanya di tandai dengan rasa nyeri, bengkak dan kemerahan. Cantengan biasa terjadi pada ibu jari kaki yang di potong terlalu pendek. Namun, cantengan juga dapat terjadi saat memakai sepatu yang terlalu kecil. Jika tidak segera di tangani, cantengan bahkan memerlukan Tindakan operasi.

  1. Keseleo

Sepatu yang terlalu sempit atau kecil juga dapat menyebabkan kaki keseleo. Selain itu, alas kaki dengan hak yang tinggi dan lancip juga dapat menyebabkan kaki cedera atau luka. Alas kaki dengan hak tinggi dan lancip serta kekecilan, maka akan berisiko menyebabkan kaki keseleo.

Baca Juga :   Makanan Pantangan untuk Penderita Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *