7 Sayuran yang Membuat Kulit Wajah Tampak Awet Muda dan Cerah

Rembangnews.com – Penuaan pada wajah tentu tidak dapat kamu hindari. Namun, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat proses penuaan.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Pertanyaannya, sayur apa saja  yang mampu membuat wajah terlihat awet muda?

Makanan yang penuh antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting lainnya dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah dan tubuh dari waktu ke waktu. Sayuran adalah salah satu contoh makanan sehat.

Beberapa ahli bahkan menyimpulkan bahwa makan sayur dan buah adalah cara terbaik dan sehat untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti kulit kusam dan garis halus.

Agar kulit tetap sehat dan awet muda, kamu dapat mengonsumsi sayuran pilihan berikut :

  1. Selada air

Daun selada air bertindak sebagai antiseptik kulit internal, meningkatkan sirkulasi dan transportasi mineral ke seluruh sel tubuh, meningkatkan oksigenasi kulit. Dengan adanya vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas berbahaya dan membantu mengurangi garis halus dan kerutan.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran lain yang dapat membuat wajah menjadi awet muda. Brokoli mengandung senyawa anti inflamasi, antioksidan, serat, folat dan lainnya yang bermanfaat untuk anti penuaan. Selain itu brokoli juga mengandung banyak vitamin C yang terlibat dalam produksi kolagen, protein terpenting dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

  1. Bayam

Bayam sangat bermanfaat untuk melembabkan tubuh dan kaya akan antioksidan yang membantu mengoksigenasi kulit. Kandungan vitamin C  ang tinggi pada bayam juga dapat meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap kencang dan halus. Tidak hanya itu, vitamin A pada bayam juga dapat membuat rambut menjadi kuat dan berkilau. Padahal vitamin K telah terbukti membantu mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh.

  1. Kubis

Antioksidan kuat yang terkandung dalam kubis dapat mencegah kerusakan sel kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kol segar dalam kondisi mentah atau dimasak ringan agar mendapatkan hasil terbaik.

  1. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini mengandung vitamin C dan betakaroten. Keduanya merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan untuk produksi kolagen yang dapat menguatkan kulit.

  1. Mentimun

Mentimun mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif tubuh. Mentimun juga mengandung tanin dan flavonoid yang bisa mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa berbahaya bagi kulit.

  1. Kubis brussel

Sayuran lain yang membuat awet muda  adalah kubis brussel. Sayuran ini kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kubis jenis ini juga membantu mengurangi stres oksidatif pada sel kulit.

Baca Juga :   Mengenal Istilah Hustle Culture dan Dampaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *