Cara Cek Kecepatan WiFi dan Memastikan WiFi Stabil

Rembangnews.com – Berikut cara cek kecepatan WiFi dan memastikan WiFi stabil.

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi.

WiFi saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi orang-orang.

Dengan teknologi tersebut membantu kita untuk terkoneksi internet.

Kecepatan Wifi (Wi-Fi) berpengaruh pada kinerja kita bisa menggunakannya.

Hal yang bisa kita lakukan untuk mengecek kecepatannya dapat kita lihat dari ponsel pintar atau laptop yang kita gunakan dengan internet Wi-Fi.

Dari laptop, kita bisa menekan tombil akses internet Wi-Fi kita, kemudian mengeklik network settings.

Kita akan melihat data internet yang sedang kita gunakan. Kemudian jika ada tombol properties dan kita mengekliknya, kita bisa menemukan informasi mengenai koneksi Wi-Fi yang sedang kita gunakan, salah satunya kecepatan tautan (link speed). Kecepatan yang ideal adalah di atas 20 Mbps.

Baca Juga :   Sebaiknya Matikan atau Nyalakan WiFi pada Malam Hari?

Berikut ini cara kita memastikan kecepatan internet yang stabil :

  1. Lokasi Router

Pastikan lokasi router dapat dijangkau seluruh lantai atau rumah. Letakkan di lokasi strategis, paling baik di sisi tengah agar pembagian ruangan lebih merata. Pastikan terdapat area terbuka dan tidak disimpan di ruangan yang memiliki dinding super tebal.

  1. Jumlah Perangkat

Jumlah perangkat yang menggunakan router juga perlu kamu perhatikan. Biasanya jumlah maksimal perangkat yang rekomendasikan beritahukan ketika router terpasang dalam rumah. Jika lebih dari itu, kecepatan internet bisa berkurang karena harus menyediakan internet ke banyak perangkat sekaligus. Hapus saja daftar perangkat yang tidak dikenal dari penggunaan internet kamu.

  1. Model Router
Baca Juga :   Rekomendasi HP Baterai Tahan Lama 2024

Model router juga perlu kamu perhatikan. Pastikan router dalam kondisi yang bagus dan update agar dapat terkoneksi ke internet dengan baik.

  1. Extender

Jika terdapat bagian ruangan yang tidak terkena akses internet dari router, biasanya perusahaan layanan memiliki alat yang istilahkan dengan extender. Alat ini bisa terpasang antara area yang mendapat akses internet dengan area yang tidak. Alat ini akan mengamplifikasikan internet lebih jauh ke jangkauan area yang sebelumnya tidak mendapatkan akses.

 

Demikian cara cek kecepatan WiFi dan memastikan WiFi stabil. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *