Cara Detoks Medsos untuk Kesehatan Mental

Rembangnews.com – Detoks medsos menjadi populer di tengah tingginya intensitas masyarakat dalam menggunakan medsos sebagai sarana flexing atau pamer.

Pasalnya, banyak orang yang merasa menjadi rendah diri atau insecure hingga mulai membanding-bandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain di medsos.

Detoks medsos sendiri berarti mengurangi intensitas sesorang berada di medsos dalam rangka mengurangi hal-hal negatif yang ditimbulkan.

Berikut ini cara detoks medsos untuk kesehatan mental Anda.

Pertama, jauhkan handphone Anda dari jangkauan. Kemudahan menjangkau ponsel membuat Anda menjadi tak terkendali dalam menggunakan handphone. Bahkan terkadang di waktu luang, kita bisa menghabiskan waktu hanya dengan scroll media sosial.

Memulai melakukan detoks sosmed memang tidak semudah yang dibayangkan dan juga tidak bisa instant. Anda dapat menjauhi ponsel dengan melakukan kegiatan lain saat waktu Anda luang.

Baca Juga :   Rekomendasi Film Jadul Bertajuk Natal!

Kedua, membuat alarm untuk membatasi waktu akses sosmed. Akan sulit jika Anda langsung sama sekali tidak menggunakan sosial media. Oleh karena itu Anda dapat mencoba lebih dahulu membatasi waktu akses Anda dalam sosmed.

Cara ini juga paling efisien untuk detoks sosmed. Batasan wajar menggunakan media sosial menurut psikolog adalah 30 menit hingga satu jam per hari.

Anda bisa membagi total 1 jam tersebut dalam beberapa waktu untuk seharian. Misalnya, 15 menit di pagi hari, 15 menit saat makan siang, dan 15 menit saat makan malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *