Mendag Zulkifli Hasan Ungkap Kunci Sukses Pengembangan UMKM

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah memiliki peran dalam membina UMKM agar maju dan berkembang. Salah satunya melalui pengembangan produk dan sumber daya manusia, memfasilitasi permodalan serta penyediaan akses pasar.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat berdialog dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, serta pedagang hasil tani dan laut di Rembang, Jawa Tengah, Rabu sore (29/9/2022).

Dalam acara yang dihadiri Bupati Rembang H.Abdul Hafidz itu, menurut Mendag Zulkifli Hasan terdapat beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin pengembangan UMKM berjalan sukses. Beberapa kuncinya yaitu peningkatan keterampilan pelaku UMKM, kecapakan penguasaan teknologi dan akses permodalan.

“Pemerintah meluncurkan pembiayaan permodalan usaha yang tidak memberatkan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program pinjaman tanpa agunan bernama Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar). Ada itu ibu-ibu bikin empek-empek yang 1 bulan memproduksi 1 kwintal, kemudian dikembangkan oleh sang anak yang lulus kuliah dengan KUR kini produksi mencapai 3 ton per bulan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Penyaluran BLT DD Tahap III Menyasar 25 KPM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *