Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Rembangnews.comPenderita diabetes tentu sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan termasuk buah-buahan.

Beberapa orang bahkan percaya bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Namun hal itu ternyata belum bisa dikatakan benar seluruhnya.

Namun penderita diabetes tak perlu khawatir. Pasalnya ada buah yang memang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Hal ini didasarkan pada American Diabetes Association (ADA), yang menyebut bahwa ada beberapa jenis buah yang kaya vitamin dan mineral, serta membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Berikut buah yang aman untuk penderita diabetes.

Pertama, buah apel. Satu buah apel berukuran sedang mengandung 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Satu buah apel juga megandung sekitar empat gram serat, yang memenuhi 16 persen kebutuhan harian Anda.

Baca Juga :   Banyak Keberkahan, Ucapan Sunnah Idul Fitri

Selain itu, apel juga mengandung 8,73 miligram vitamin C yang memenuhi sembilan persen kebutuhan harian Anda. Namun, hindari mengupas kulit apel. Sebab, kulit apel mengandung serat ekstra dan antioksidan yang melindungi jantung.

Kedua, buah ceri. Sama dengan beri, ceri juga mengandung kalori dan karbohidrat. Dalam satu cangkir ceri terkandung 52 kalori dan 12,5 gram karbohidrat.

Ceri juga memiliki manfaat dalam memerangi peradangan. Ceri merupakan buah yang kaya antioksidan, yang dapat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Meski begitu, akan lebih baik Anda mengonsumsi ceri segar, yang belum diolah atau dikemas. Karena ceri kemasan pada umumnya diberi tambahan gula.

Ketiga, buah persik. Dalam satu buah persik yang berukuran sedang, terkandung 59 kalori dan 14 gram karbohidrat.
Selain itu, persik juga mengandung 10 miligram Vitamin C, yang mencukupi 11 persen kebutuhan harian Anda.

Baca Juga :   Tips Membersihakan Kaca Jendela Dengan Bahan Alami

Persik juga mengandung sebanyak 285 miligram potasium, yang memenuhi enam persen kebutuhan harian Anda. Anda bisa mengolah buah ini menjadi smoothie lezat tanpa tambahan gula.

Keempat, buah beri. Buah beri seperti misalnya blueberry atau stroberi merupakan buah terbaik yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Hal ini karena kandungan dalam buah ini kaya akan antioksidan serat. Jika dihitung, satu cangkir blueberry segar mengandung 84 kalori dan 21 gram karbohidrat.

Bagi penderita diabetes, buah ini bisa dikombinasikan dengan yogurt tanpa lemak agar bisa menjadi menu sarapan atau makanan penutup yang lezat.

Demikian buah yang aman bagi penderita diabetes. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *