Rembangnews.com – Kabar bahwa Indonesia akan bangun pabrik chip telah berhembus sejak awal tahun 2022. Bahkan Presiden Indonesia Jokowi pernah mengungkapkan akan membangun pabrik chip di Jawa Tengah. Baru-baru ini kabar Indonesia akan membangun pabrik chip sendiri Kembali santer terdengar. Hal ini dikarenakan dampak Covid-19 yang etrjadi di dunia, produksi perangkat semikonduktor atau chip mengalami kendala dalam pengirimian.

Jelas hal tersebut berdampak pada pasokan chip di Indonesia. Akibatnya terdapat kelangkaan stok chip pada sejumlah produk yang masyarakat butuhkan. Terbatasnya pasokan chip juga mempengaruhi produksi suatu perusahaan.

Melihat kondisi tersebut, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) RI mengaku saat ini tengah menyiapkan langkah untuk meminimalisir adanya kelangkaan chip di Indonesia. Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian RI menyatakan kalau Kemenperin berencana untuk membangun pabrik chip di Indonesia.

Baca Juga :   Presiden Joko Widodo Kesal Uang Negara Dipakai Belanja Produk Impor

“Kami berupaya mengurangi ketergantungan atas cip semikonduktor yang rantai pasokannya semakin sulit dan kebutuhannya makin lama makin tinggi. Sehingga, kita meski menyiapkan supply-nya,” ujar Agus, mengutip dari Nextren, Rabu (16/11).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan Rembangnews dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini