Kerjasama Dengan Marvel, Indonesia Akan Bangun Pabrik Chip?

Rembangnews.com – Kabar bahwa Indonesia akan bangun pabrik chip telah berhembus sejak awal tahun 2022. Bahkan Presiden Indonesia Jokowi pernah mengungkapkan akan membangun pabrik chip di Jawa Tengah. Baru-baru ini kabar Indonesia akan membangun pabrik chip sendiri Kembali santer terdengar. Hal ini dikarenakan dampak Covid-19 yang etrjadi di dunia, produksi perangkat semikonduktor atau chip mengalami kendala dalam pengirimian.

Jelas hal tersebut berdampak pada pasokan chip di Indonesia. Akibatnya terdapat kelangkaan stok chip pada sejumlah produk yang masyarakat butuhkan. Terbatasnya pasokan chip juga mempengaruhi produksi suatu perusahaan.

Melihat kondisi tersebut, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) RI mengaku saat ini tengah menyiapkan langkah untuk meminimalisir adanya kelangkaan chip di Indonesia. Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian RI menyatakan kalau Kemenperin berencana untuk membangun pabrik chip di Indonesia.

Baca Juga :   Siap-siap Nintendo Switch 2 Akan Hadir Pada 2024

“Kami berupaya mengurangi ketergantungan atas cip semikonduktor yang rantai pasokannya semakin sulit dan kebutuhannya makin lama makin tinggi. Sehingga, kita meski menyiapkan supply-nya,” ujar Agus, mengutip dari Nextren, Rabu (16/11).

Selain itu, Agus mengatakan bahwa Kemenperin telah melakukan kolaborasi dengan seorang inovator yang mengembangkan teknologi semikonduktor yaitu Sehat Sutardja. Dengan adanya kerjasama tersebut, Kemenperin akan melakukan pembangunan Pusat IC Desain Indonesia.

“Saya juga ingin kerja sama ini dapat disusun sedetail mungkin agar menjadi suatu pijakan penting bagi tumbuhnya industri semikonduktor di Indonesia,” pungkas Agus.

 

Indonesia dan Marvel Akan Bekerjasama?

Melansir dari Teknologi ID, sejumlah pertanyaan pun muncul akibat dari isu kolaborasi antara Kemenperin dan Marvell Technology. Salah satunya yakni apakah produksi chip Indonesia yang kali ini untuk produk smartphone?

Baca Juga :   Cara Menjaga Data Privasi Ponsel Android

Jawaban dari pertanyaan tersebut pun telah terungkap dari pernyataan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Karasasmita. Agus sempat menuturkan bahwa adanya kendala pasokan chip ke Indonesia telah berdampak pada produksi kendaraan bermotor di Indonesia.

Ia melihat masalah yang terjadi pada proses perakitan kendaraan bermotor, produksi kendaraan jadi berkurang akibat dari pasokan chip yang lambat. Dampaknya, masyarakat harus menunggu atau mengikuti masa inden dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Kesimpulannya adalalah rencana Kemenperin membangun pabrik chip di Indonesia adalah untuk idustri otomotif.

 

Nah bagi kamu yang penasaran apakah Indonesia akan segera memiliki pabrik chip sendiri? Ikuti terus rembangnews.com agar berita yang tersampaikan bakal terupdate.

Baca Juga :   Jokowi Minta Polri Pungli Diberantas untuk Jaga Kepercayaan Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *