Kapan Harus Berhenti Ngecas HP?

Rembangnews.com – Pernahkah kamu bertanya, berapa persen baterai hp harus berhenti dicharge?

Battery health merupakan kemampuan baterai untuk menyimpan daya atau lamanya penggunaan baterai sebelum perlu isi ulang.

Dengan menyimpan daya secara optimal, HP dapat kamu gunakan dalam waktu yang lama sebelum baterai habis dan perlu isi ulang.

Sebenarnya tidak ada persentase yang pasti untuk mengisi daya HP secara tepat. Saran mengisi daya hingga 80 persen muncul berhubungan dengan tegangan listrik pada proses pengisian daya.

Proses pengisian daya terdiri dari dua tahap, yaitu pengisian dari 0-80 persen dan lanjut ke 80-100 persen. Menurut Android Authority, saat mengisi daya dari 80-100 persen, tegangan listriknya tinggi. Tegangan tinggi dapat memberikan beban berlebih pada baterai, sedangkan tegangan rendah dapat mengurangi beban dan sedikit memperpanjang masa pakai baterai.

Baca Juga :   Cara Menampilkan Layar HP di Laptop Menggunakan USB!

Rentang tegangan yang ideal untuk memperpanjang masa pakai baterai berada antara 30-80 persen. Oleh karena itu, sarankan untuk mengisi daya HP ketika baterai mencapai 30 persen dan melepaskannya saat mencapai 80 persen.

Produsen ponsel seperti Apple, Samsung, dan Google (Pixel) tidak memberikan persentase spesifik untuk pengisian daya. Artinya, pengguna boleh untuk mengisi daya HP hingga 100 persen. Mengisi daya hingga 100 persen dapat berguna ketika HP gunakan pada luar ruangan untuk waktu yang lama tanpa akses ke sumber listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *