Pengetahuan Dasar Pemadam Kebakaran Dinilai Perlu bagi Anak Usia Dini

Rembang, Rembangnews.com – Pengetahuan dasar mengenai pemadama kebakaran dinilai perlu diberikan kepada anak usia dini. Hal itu disampaikan oleh Petugas Damkar Rembang, Teguh Wiwoho.

Dengan dibekali pengetahuan tersebut, anak-anak diharapkan bisa mengetahui apa itu api, sifat api, dan apa bahayanya. Sehingga hal itu dapat mencegah terjadinya kebakaran.

“Anak-anak juga perlu tahu pengetahuan dasar soal pemadam kebakaran. Setidaknya hal itu bisa turut mencegah terjadinya kebakaran utamanya di lingkungan rumah,” ujarnya.

Sedangkan ketika sudah menginjak usia remaja, mereka bisa mulai diajarkan tips menanggulangi kebakaran skala kecil. Kemudian orang dewasa dibekali wawasan cara mengatasi kebakaran besar.

“Materi untuk anak, remaja dan dewasa memang beda. Kalau anak lebih ditekankan larangan bermain api. Tapi kalau remaja dan dewasa sudah mulai diajarkan tips mengatasi kebakaran,” imbuhnya.

Baca Juga :   Mudik BUMN 2024 Bakal Angkut 80 Ribu Pemudik

Pihaknya juga mengaku terbuka bagi sekolah yang ingin berkunjung ke Pos Damkar untuk belajar cara pencegahan kebakaran.

“Yang jelas untuk melakukan kunjungan ke Pos Damkar sekolah nggak perlu bayar,” pungkas Teguh.

Baru-baru ini, pihaknya juga menerima kunjungan dari sekolah yaitu SD IT Avicenna Lasem. Ada ratusan siswa yang melakukan pembelajaran lapangan.

Mereka diperkenalkan peralatan dan perlengkapan untuk pemadaman api dan diajak naik mobil pemadam kebakaran (damkar).

Kemudian mereka dibekali dengan pengetahuan tentang damkar serta penjelasan mengenai sifat api dan bahayanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *