Keren, Pegiat Budaya Kolaborasi dengan Petani Garam Rembang Buat Karya Lukisan di Tambak

Rembang, Rembangnews.com – Kreativitas memang tak mengenal batas media. Salah satunya karya lukisan yang dibuat di lahan tambak yang satu ini.

Eggy Yunaedi seorang perupa dan pegiat budaya berkolaborasi bersama 10 petani garam membuat lukisan di kawasan situs Tambak Gede wilayah Desa Dasun Kecamatan Lasem Rembang.

Sebanyak 10 petani garam yang terlibat diantaranya Suparlin, Alip Alifandi, Sriyono, Mulyono, Bisri, Suyoto, Arip, Suroso, Sudirman, dan Supadi Nurkolis.

Lukisan dibuat menggunakan garam yang ditabur di atas lahan tambak berukuran 34 x21 meter. Karya menakjubkan itu memuat gambar petani, naga, burung hong dan kubah masjid yang menunjukkan akulturasi budaya yang terjadi di Lasem.

Berkisah mengenai profesi petani garam di Lasem. Dimana ada 7 elemen yang mempengaruhi, yakni 4 elemen alam berupa bumi, air, sinar matahari dan angin. Kemudian 3 elemen kultural, terdiri dari kultur budaya China, Jawa dan Islam.

Baca Juga :   Capaian Vaksinasi Rembang Masih Rendah di Jawa Tengah

“Tiga elemen kulturalnya kami tunjukkan dari lukisan burung hong dan naga mencerminkan kultur China yang mempengaruhi. Petambak merasa sebagai orang Jawa, ada gunungan di situ dan ada beberapa simbol budaya Islam. Jadi ada 7 rupa atau elemen yang kami simpulkan mempengaruhi kehidupan petani garam,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *