Seiring Perkembangan Zaman, Tugas Guru Tak Hanya Sekadar Mengajar

Rembang, Rembangnews.com – Seiring dengan perkembangan zaman, kini tugas guru semakin kompleks. Tak hanya sekedar mengajar.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Ia mengatakan bahwa guru juga perlu memiliki kemampuan untuk memotivasi, memfasilitasi, dan mengembangkan potensi anak.

“Guru sekarang harus ada nilai tambah berupa program di luar mendidik anak. Bagaimana guru ini bisa memberikan motivasi, bisa mengangkat potensi-potensi yang dimiliki oleh anak itu sendiri,” jelas Bupati.

Kompetensi guru, jelasnya, dapat ditingkatkan melalui program pemerintah salah satunya adalah program guru penggerak.

Abdul Hafidz menambahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang akan mengambil kebijakan untuk jabatan Kepala Sekolah dan pengawas harus sudah lulus program guru penggerak.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Terima Telepon Menteri Keuangan AS, Kondisi 28 Negara Mengejutkan

“Ini sedang diproses, tinggal kita nanti menetapkan melalui pelantikan yang akan kita lakukan insyaAllah pada akhir tahun ini. Itu sesuai aturan,” jelasnya.

Program guru penggerak ini akan menjadi syarat untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah dan Pengawas sesuai dengan peraturan Pemerintah Pusat melalui Peraturan Direktur Direktur Jenderal Furu dan Tenaga Kependidikan Nomor 5958/B/HK.03.01/2022 tentang petujuk teknis penugasan guru sebagai Kepala Sekolah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *