Tata Cara Tayamum dan Doanya

Rembangnews.com – Saat tak bisa berwudhu dengan air, maka ummat Islam bisa bersuci dengan debu atau disebut tayamum.

Tak sembarangan, ada tata cara tayamum yang perlu diperhatikan. Berikut ini penjelasannya.

Pertama, menghadap kiblat dan niat: Berdiri menghadap kiblat, ucapkan basmalah, dan letakkan kedua telapak tangan pada debu, bacaan niatnya sebagai berikut.

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Artinya: aku berniat tayamum agar diperbolehkan shalat karena Allah. Usapkan Debu ke Wajah dan Tangan: Usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah sambil berniat di dalam hati. Tahapan Pengusapan: Pengusapan debu di wajah dan tangan hanya dilakukan sekali dengan usaha meratakan debu pada seluruh bagian wajah.

Baca Juga :   Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Kedua, mengusap tangan. Lakukan pengusapan dari punggung tangan kiri ke telapak tangan kanan, lalu siku tangan, dan sebaliknya.

Ketiga, membaca doa. Setelah selesai, maka disunnahkan untuk membaca doa tertentu sebagaimana doa setelah wudu.

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: Aku bersaksi, tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang bertaubat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang saleh Tayamum adalah solusi dalam Islam ketika seseorang sulit mendapatkan air atau sedang sakit.

Baca Juga :   Doa Saat Masuk Pasar Agar Tidak Berlebihan

Demikian tata cara tayamum. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *