Kampung Madani Rembang Jadi Upaya Tingkatkan Potensi Ikan Asap

Rembang, Rembangnews.com – Keberadaan Kampung Madani Rembang menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Rembang dalam meningkatkan potensi ikan asap.

Kampung Madani sendiri berada di Desa Sarangmeduro Kecamatan Sarang. Kampung tersebut menjadi tempat program Pelatihan dan Pendampingan Produksi Ikan Asap.

Pengembangan Kampung Madani sendiri merupakan inisiasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Permodalan Nasional Madani (PNM) pusat.

Desa Sarangmeduro memang memiliki hasil tangkapan ikan yang banyak, sehingga sayang jika tak dikembangkan. Tentu hal itu perlu ada pendampingan dari pemerintah.

“Ikan yang ditangkap nelayan ini dijual tidak hanya dalam keadaan mentah saja, tetapi bisa diolah dulu. Sehingga nilai jual ekonomi dan sosialnya tinggi, yaitu melalui proses pengolahan terlebih dahulu seperti diasap dan lain- lain,” jelasnya.

Baca Juga :   Mulai 2024, IKN Nusantara Akan Resmi Jadi Ibu Kota Indonesia

Program Kampung Madani sendiri diantaranya berfokus pada peningkatan kapasitas pelaku usaha asap ikan dari pengolahan, perijinan, pemasaran dan permodalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *