5 Kesenian Khas Rembang, Warga Kota Garam Wajib Tau

Rembangnews.com – Kabupaten Rembang Jawa Tengah memiliki berbagai kesenian dan budaya yang khas.

Sejumlah kesenian ini bahkan ada yang masih dilestarikan dan bisa ditemui di zaman sekarang. Berikut ini rangkuman 5 kesenian khas Rembang.

Tari Rembang Kumandang

Tari ini biasanya ditampilkan dengan penarinya memakai kostum batik lokal Rembang ditambah dengan aksesoris lainnya.

Tarian ini termasuk tari kolosal atau ditampilkan oleh banyak orang.

Emprak

Kesenian yang satu ini dikembangkan di Karangasem Kecamatan Kaliori. Emprak sendiri adalah sejenis drama dalam versi tradisional.

Biasanya ada atraksi yang ditampilkan di awal acara, dengan membawa penari tari Remong anak. Sebagai iringan, ada gamelan yang dimainkan dengan alat musik seperti rebana menggunakan seni irama kentrung.

Baca Juga :   7 Cara Mencegah Agar Rambut Tidak Bercabang

Tari Gandario

Kesenian ini berasal dari Desa Kedungtutup Kecamatan Sumber. Tari Gandario sendiri adalah tari yang menggambarkan perasaan cinta dua insan.

Pathol Sarang

Masyarakat Rembang terkadang masih menampilkan kesenian Pathol Sarang. Kesenian ini  menampilkan adu kekuatan antara kelompok yang satu dengan yang lainnya secara akrobatik.

Tong Tong Klek

Kesenian ini biasanya ditampilkan saat bulan puasa jelang lebaran. Tong Tong Klek adalah kesenian berupa seni musik dimana kentongan yang terbuat dari bambu kemudian dimainkan dengan diiringi musik baik tradisional maupun musik modern.

Tong Tong Klek biasanya dimainkan mengelilingi Kota Rembang dengan membawa seperangkat alat musik yang diangkut menggunakan kendaraan seperti mobil atau truk yang berukuran besar.

Baca Juga :   Apakah Berbicara Membatalkan Wudhu? Ini Penjelasannya

Demikian rangkuman 5 kesenian khas Rembang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *