Hari Jumat Bulan Syawal, Ini Amalan yang Dianjurkan Dilakukan

Rembangnews.com – Pada hari Jumat di bulan Syawal seperti hari ini (12/4/2024), ada sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Amalan itu diantaranya adalah banyak berdoa dan bershalawat. Hal ini sebagaimana hadist nabi berikut ini.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR. Al-Bukhari, Muslim).

Selain itu, hari Jumat sendiri juga merupakan hari yang mulai dan memiliki keutamaan. Dimana di dalamnya Allah Ta’ala membuka banyak pintu rahmat dan melimpahkan karunia serta menurunkan banyak kebaikan.

Baca Juga :   Doa Saat Kagum dengan Ciptaan Allah

“Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar. (HR. Abu Dawud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *