Pemkab Rembang Bakal Terapkan Cash Management System di Tiap Transaksi

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang bakal menerapkan Cash Management System (CMS) pada setiap transaksi di Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) tahun ini.

CMS sendiri merupakan layanan pengelolaan keuangan untuk nasabah non-perorangan yang memungkinkan pengelolaan keuangan secara online. Dengan menggunakan CMS, maka transaksi bisa dilakukan di kantor desa masing-masing.

“Desa itu harus melakukan transaksi secara non-tunai, kami sudah menyusun Perbup (Peraturan Bupati) Nomor 33 Tahun 2023 tentang pedoman transaksi non-tunai di desa. Jadi harapan kami alur keuangan di desa bisa transparan, sehingga bisa dicek uangnya kemana,” ujarnya Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemberdayaan Pemerintahan Desa (P3D) Dinpermades Rembang, Moh. Nur Said.

Baca Juga :   Tiga Desa di Rembang Ikuti Penilaian Keterbukaan Informasi Publik

Ia mengatakan bahwa penerapan CMS adalah bagian dari perintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Harapannya, bisa menciptakan transparansi alur keuangan.

“Setelah mendapat pengantar Pak Camat, langsung bisa melakukan transaksi secara non-tunai di kantor desanya masing-masing. Atau mungkin di rumah pun bisa, artinya mengurangi antrean ketika datang ke Bank Jateng,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *