Wanita, Yuk Ketahui Penyebab Kanker Payudara

Rembangnews.com – Sebagai wanita kita perlu mengetahui penyebab dari kanker payudara. Hal itu bertujuan agar kita bisa melakukan deteksi dini dan melakukan upaya pencegahan.

Selain itu wanita nantinya akan berperan sebagai seorang ibu, sehingga kesehatan wanita menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Berikut ini penyebab kanker payudara.

  1. Perokok aktif maupun pasif
  2. Haid pertama pada umur kurang dari usia 12 tahun
  3. Tidak pernah menyusui anak
  4. Melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun.
  5. Pola makan yang buruk
  6. Riwayat penyakit kanker pada anggota keluarga

Enam hal di atas diharapkan bisa kita hindari, sehingga kesehatan tetap terjaga. Kemudian upaya deteksi dini kanker payudara yang bisa dilakukan wanita adlaah sebagai berikut ini.

  1. SADARI = Pemeriksaan Payudara Sendiri
  2. SADANIS = Pemeriksaan Payudara secara Klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehan
Baca Juga :   Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Bahan Alami

Dengan melakukan deteksi dini, diharapkan penderita bisa segera menemukan kanker pada stadium yang lebih dini. Hal ini dapat meningkatkan peluang kesembuhan hingga 80-90%. Jika seorang wanita yang menemukan kelainan pada saat melakukan SADARI, dapat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan SADANIS.

Kanker dapat di cegah dengan deteksi dini. Perlu adanya kesadaran kaum wanita untuk melakukan deteksi dini secara teratur. Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *