Waspada Jika Anak Mengalami 4 Gejala Ini

Rembangnews.com – Sebagai orang tua tentu menginginkan hal yang terbaik bagi buah hatinya. Termasuk hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang si kecil.

Para orang tua diharapkan mengerti 4 kondisi yang menjadi gejala anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Berikut 4 hal tersebut.

  1. Pertumbuhan tulang pada anak yang tertunda
  2. Berat badan rendah apabila dibandingkan dengan anak seusianya
  3. Sang anak berbadan lebih pendek dari anak seusianya
  4. Proporsi tubuh yang cenderung normal tapi tampak lebih muda/kecil untuk seusianya.

Jika anak Anda mengalami tanda di atas, maka kemungkinan sang anak mengalami gangguan tumbuh kembang atau yang biasa disebut stunting.

Stunting perlu dideteksi sejak dini agar bisa mendapatkan penanganan dengan segera. Sehingga sang buah hati bisa berkembang dengan normal sebagaimana anak yang lainnya.

Baca Juga :   Hindari Kebiasaan Begadang, Berikut Dampak Negatifnya

Pemerintah sendiri saat ini gencar melakukan berbagai upaya termasuk melakukan inovasi program guna menekan angka stunting di Indonesia.

Kepekaan dan peran serta orang tua dalam melakukan pencegahan pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Para orangtua diharapkan bisa rutin melakukan pemeriksaan kandungan ke fasilitas kesehatan terdekat, rutin mengkonsumsi Tablet Tambah Darah, serta memenuhi asupan gizi, seperti protein hewani yang baik bagi tumbuh kembang janin. Remaja putri aktif minum tablet tambah darah 1 tablet seminggu sekali.

Pemberian ASI ekslusif pada bayi selama 6 bulan. bayi di atas enam bulan diberikan konsumsi protein hewani dan tetap melanjutkan ASI. Jangan lupa datang ke Posyandu setiap bulan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan serta imunisasi balita. (*)

Baca Juga :   Donor Darah Pertama Kali, Terapkan Tips Ini agar Tidak Takut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *