Rekomendasi Makanan Setelah Donor Darah

Rembangnews.com – Usai melakukan donor darah, maka tubuh mungkin bisa merasa sedikit lebih lemas karena darah kita diambil.

Namun tak perlu khawatir, karena kita bisa memulihkan kondisi tubuh hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu usai melakukan donor darah.

Berikut ini rekomendasi makanan setelah donor darah.

Makanan Ber-zat besi

Zat besi dapat membantu produksi hemoglobin, yang membantu mengangkut oksigen dalam darah. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging merah, seperti daging sapi dan kambing, sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, kale dan brokoli, kacang-kacangan, seperti kacang merah, lentil dan buncis. Serta buah-buahan kering, seperti kismis dan aprikot.

Makanan mengandung vitamin C

Makan makanan yang mengandung vitamin C bisa bersama dengan makanan zat besi dapat meningkatkan efisiensi penyerapan zat besi. Makanan ber vitamain C diantaranya buah jeruk, stroberi, pepaya, mangga, hingga tomat.

Baca Juga :   Benarkah Begadang Bikin Gendut?

Makanan kaya akan Folat

Folat merupakan nutrisi penting yang membantu dalam pembentukan sel darah merah. Makanan dengan kandungan ini diantaranya sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kale, kacang-kacangan, seperti kacang hitam dan kacang polong, biji-bijian, seperti biji bunga matahari, hingga hati sapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *