Google Resmi Rilis Fitur Text-to-speech

Rembangnews.comGoogle resmi merilis fitur Text-to-speech yang bisa membacakan teks untuk pengguna.

Setelah menjalani masa uji coba, Google akhirnya merilis fitur text-to-speech (TTS) untuk browser Chrome mereka di platform Android.

Fitur TTS tersedia untuk halaman website yang memiliki banyak teks.

Text-to-Speech (TTS) adalah teknologi yang mengubah teks menjadi suara. Dengan menggunakan TTS, teks dari berbagai sumber, seperti artikel, pesan, atau dokumen, dapat dibacakan dengan suara yang alami.

Google telah mengembangkan fitur ini agar dapat digunakan pada perangkat Android, sehingga pengguna dapat dengan mudah mendengarkan teks apapun yang mereka inginkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini :

  • Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android.
  • Kunjungi halaman web yang mengandung teks yang ingin kamu dengarkan. Pastikan halaman tersebut sepenuhnya dimuat.
  • Setelah halaman terbuka, ketuk ikon tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu pengaturan.
  • Dari menu yang muncul, pilih opsi “Dengarkan halaman ini”. Google Chrome akan mulai membacakan teks dari halaman web yang kamu buka.
  • Untuk mengatur kecepatan pemutaran suara, ketuk miniplayer yang muncul setelah fitur diaktifkan. Di jendela pemutar mini, ketuk ikon tiga titik horizontal di pojok kanan bawah.
  • Dari menu yang muncul, pilih opsi “Kecepatan Pemutaran”. Kamu dapat menyesuaikan kecepatan sesuai dengan preferensi.
Baca Juga :   Waspada Konten Sensitif Di Instagram, Ini Cara Batasinya

Untuk mengubah suara yang digunakan, ketuk opsi “Suara”. Kamu akan melihat beberapa pilihan suara yang tersedia. Kamu dapat mengklik “Pratinjau” untuk mendengarkan sampel suara sebelum memilih yang paling kamu sukai.

Jika kamu ingin menggunakan fitur Sorot Teks dan Gulir Otomatis, ketuk pilihan yang tersedia dalam menu pengaturan fitur ini.

Fitur ini akan menyoroti teks yang sedang dibacakan dan menggulir halaman secara otomatis, membuat pengalaman mendengarkan lebih nyaman.

Setelah memilih opsi “Dengarkan Halaman Ini”, Chrome akan membacakan isi laman web atau artikel yang sedang dibuka atau ditelusuri.

Saat fitur Dengarkan halaman Ini aktif, pengguna akan melihat antarmuka kontrol playback yang mirip dengan yang ada di aplikasi pemutar musik.

Baca Juga :   Fitur Baru Instagram Bisa Edit Pesan di DM

Miniplayer tersebut tetap memungkinkan pengguna Android untuk membaca teks di situs web, bahkan ketika perangkatnya terkunci atau saat beralih ke tab lain.

Fitur ini dapat ditemukan dalam Google Chrome versi 125.

Pengguna yang telah menginstal Chrome versi 125 tetapi belum melihat fitur Listen to This Page mungkin perlu sedikit kesabaran. Hal ini karena Google sering kali merilis fitur-fitur baru secara bertahap kepada seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Fitur Listen to This Page mendukung berbagai bahasa termasuk Arab, Bengali, Cina, Inggris, Perancis, Jerman, Hindi, Indonesia, Jepang, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Pengguna dapat memilih berbagai jenis suara seperti Ruby (nada sedang, hangat), River (nada sedang, tenang), Field (nada rendah, cerah), dan Moss (nada rendah, damai) dalam bahasa Inggris (AS).

Baca Juga :   Fitur Baru WhatsApp Favorit

Terdapat juga opsi suara seperti Cloud (nada sedang, menenangkan) dan Dale (nada rendah, tenang) dalam bahasa Inggris (UK), serta Lake (nada sedang, tenang) dalam bahasa Inggris (India).

Setelah diaktifkan, fitur ini menampilkan miniplayer di bagian bawah layar dengan kontrol putar/jeda, bilah kemajuan, opsi maju/mundur cepat 10 detik, dan pengaturan kecepatan pemutaran.

Menu tambahan juga akan bergulir secara otomatis saat suara membacakan teks.

Saat aplikasi ditutup, suara akan berhenti dan aplikasi akan mengingat posisi terakhirnya ketika dibuka kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *