Wabah PMK Menyerang Sapi-Sapi di Rembang

Rembang, Rembangnews.com – Virus penyebab Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak telah menjangkit sapi di Kabupaten Rembang. Ada sebanyak 4 sapi yang telah terdeteksi terjangkit virus ini.

Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang mengetahui hal ini saat tengah melakukan sampling pada sapi yang dicurigai sakit.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengungkapkan bahwa pihaknya mulai melakukan pengambilan sampel pada ternak sapi saat mengetahui wabah PMK tersebut telah menyebar di sebagian wilayah Jawa Timur.

Kekhawatiran itu terjadi karena Kabupaten Rembang merupakan daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi paling timur pulau Jawa tersebut.

Sampel tersebut diambil pada hari Minggu, 8 Mei 2022 kemarin pada peternakan Sapi di Desa Kedungmulyo, Kecamatan Kaliori dan baru diketahui pada hari Selasa (10/5/2022).

Baca Juga :   Negara Liga Arab Gelar Rapat Darurat Usai Israel Serang Palestina

“Pada hari Minggu tanggal 8 Mei, terdapat empat sapi di desa Kedungmulyo, Kecamatan Kaliori yang dicurigai menderita PMK, dan kemarin Selasa hasilnya positif,” ungkap Agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *