Dukuh Banyurowo Rembang Dinobatkan Jadi Kampung Pancasila

Rembang, Rembangnews.com – Dukuh Banyurowo, Desa Sulang, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang dinobatkan menjadi Kampung Pancasila pada Selasa (24/5/2022). Hal yang menjadi alasan kuat penobatan ini adalah karena warganya yang menjaga toleransi beragama dan hidup rukun.

Dukuh Banyurowo juga memilik sejumlah tempat ibadah seperti masjid dan gereja yang lokasinya berdekatan. Hal itu semakin mempertegas betapa kuatnya jalinan kerukunan antar umat beragama di sana.

Abdul Hafidz selaku Bupati Rembang mengatakan, pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya. Di sana warganya selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, toleransi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ayo bersama bersatu padu membangun kerjasama, mendukung pembangunan di kabupaten Rembang yang di dasari dengan Pancasila,” imbuhnya.

Baca Juga :   Inilah Besaran Nominal Pemenang Tongtongklek Rembang

Lebih lanjut, Bupati berharap adanya Kampung Pancasila dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, mencegah paham radikalisme dan menggelorakan gotong royong agar tidak di rongrong negara lain.

“Semoga di masing-masing desa di Kecamatan Sulang dapat mencontoh pembentukan Kampung Pancasila yang ada di Dukuh Banyurowo Desa Sulang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0720 Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati menuturkan, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kampung Pancasila menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memelihara Pancasila yaitu melestarikan nilai yang terkandung dan bersama menciptakan kerukunan.

“Pancasila sesuai dengan arahan Bapak Kasad untuk jajaran angkatan darat, Bapak Jenderal Dudung menyampaikan, segera mensosialisasikan lebih luas lagi khususnya dengan pembentukan kampung-kampung Pancasila ini,” tuturnya.

Baca Juga :   Pesawat Asian One Air PK-LTF Tergelincir Saat Hendak Putar Balik

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rembang. Sebelum Dukuh Banyurowo Desa Sulang, Desa Sumberjo Kecamatan Rembang juga telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada 31 Maret 2022 lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *