Hasil CAT Potensi Akan Digunakan untuk Pemetaan PNS Kabupaten Rembang

Rembang, Rembangnews.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang telah melaksanakan CAT Potensi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pada awal Juli kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah BKD Kabupaten Rembang, Afan Martadi menyampaikan CAT Potensi langkah awal menuju manajemen talenta.

Dia mengungkapkan CAT Potensi bekerja sama dengan BKD Provinsi Jawa Tengah sebagai tim pelaksana assesor CAT berbasis komputer tersebut.

“Kalau passing grade tidak ada. Yang menilai dari tim assesor bekerjasama dengan BKD provinsi setelah melalui tahapan tes CAT Potensi tidak ada kelulusan melainkan sebagai potensi dasar,” ungkap Afan saat ditemui Rembangnews.com, Jumat (15/7/2022).

Tindak lanjut CAT Potensi akan mencoba mendorong manajemen talenta. Setelah ini akan diukur dari segi potensi, kualifikasi, dan kinerja para ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Rembang.

Baca Juga :   Bantu Pembangunan Wisata Daerah, TMMD Sengkuyung Tahap I Sasar Pantai Dukuh Layur

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kompetensi dan Kinerja ASN Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang, Nursalam menyampaikan dari data hasil penilaian CAT nanti digunakan sebagai salah satu variabel penilaian untuk melakukan pemetaan PNS Kabupaten Rembang menggunakan metode pemetaan talenta.

Lebih lanjut, manajemen talenta diterapkan kuarsi assessment program (KAP) menjadi model 9 kotak atau kuadran. Dalam penjaringan CAT Potensi, BKD fokus dulu di kuadran 7,8,9.

Ninebox talent umumnya digunakan dalam perencanaan suksesi yaitu sebagai metode melakukan evaluasi talenta yang ada saat ini dan melakukan identifikasi pemimpin yang potensial metode ini merupakan alat yang sederhana mudah dimengerti dan mudah diaplikasikan. Sekaligus dapat mempengaruhi pengembangan karir bagi ASN.

Baca Juga :   Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 Digelar Hari Ini

“Jika digunakan dengan benar nineboks talent ini bisa menjadi alat yang berguna bagi pemerintah kabupaten Rembang seiring dengan kebutuhan dan nanti kita akan prioritaskan di dalam reward baik itu promosi, tempat strategis, dari hasil analisis itu,” tetang Nursalam.

Nineboks talent sesuai dengan Permenpan RB No. 3 Tahun 2022 tentang manajemen talenta. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *