Seleksi Paskibraka di Kabupaten Rembang Kembali Dilakukan

Pati, Rembangnews.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang kembali menggelar seleksi calon pasukan pengibar bendera (Paskibraka) tingkat kabupaten tahun 2022 di alun alun Rembang, Senin (18/7/2022)

Kepala Seksi Kepemudaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang Teguh Arianto mengutarakan seleksi paskibraka tingkat kabupaten merupakan ajang tahunan yang setiap tahunnya diadakan.

Hal ini dikarenakan sudah ada aturan tentang pelonggaran kegiatan. Sehingga seleksi paskibraka tahun 2022 diselenggarakan hari ini setelah 2 tahun terakhir terkendala pandemi Covid-19.

“Ajang ini menjadi ajang tahunan 2021 vakum karena adanya pandemi Covid-19. Maka karena sudah masa longgar pelaksanaan seleksi paskibraka kembali dilaksanakan seperti tahun 2019,” ungkap Teguh saat memantau seleksi Paskibraka siang ini.

Baca Juga :   Miris, Kakak Adik Pemulung Tewas Tertabrak Mobil Fortuner

Seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Rembang ini dimulai pukul 07.30 sampai 12.30 diikuti dari jenjang tingkat SMA/SMK.

Seleksi ini diikuti tingkat SMA/SMK yang memasuki kelas 11, SMA/SMK tersebut diantaranya SMA N 1 Rembang, SMA N 2 Rembang, SMA N 3 Rembang, SMK N 1 Rembang, SMK N 2 Rembang , ditambah sekolah swasta SMK Mubarak, SMK Muhammadiyah, SMA Santa Maria, SMA Kartini, dan dari luar Rembang kota dari SMA N 1 Lasem, SMA N 1 sumber, SMAN 1 sulang,

Pelaksanaan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka nanti memilih 70 peserta untuk dijadikan pasukan inti. Dan memilih pasukan cadangan 5 anak. Jadi total semua 75 anak yang akan terpilih menjadi paskibraka.

“Jadi secara keseluruhan kita mencari seleksi paskibraka tidak hanya didalam kota Rembang namun melibatkan luar kota Rembang. Untuk jadi pasukan inti pengibar bendera ada 70 anak. Dan 5 anak pasukan cadangan,” terang Teguh

Baca Juga :   Pencuri Gasak Uang dengan Modus Ganjal ATM Ditangkap

Meski demikian, kegiatan hari ini masih taraf seleksi untuk memilih pasukan inti dan pasukan cadangan. Namun tanggal 28 Juli diadakan pelatihan rutin sampai tanggal 14 Agustus, kemudian tanggal 15 Agustus akan dilakukan pengukuhan Paskibraka. Dan tanggal 17 Agustus Paskibraka tingkat Kabupaten Rembang bakal menjadi pasukan pengibar bendera pusaka HUT RI ke 77.

“Tujuan diadakannya seleksi paskibraka tahun ini untuk memperingati HUT RI 17 Agustus 2022 yang akan digelar bulan depan dengan acara kegiatan dari Dindikpora dan  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan untuk hari perayaan lainnya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *