Tata Cara Berdoa Agar Mudah Dikabulkan

Rembangnews.com Doa merupakan senjata bagi orang mukmin. Siapa saja yang berdoa dan yakin akan doanya, maka insya Allah doanya akan terkabulkan.

Berdoa merupakan bentuk penghambaan manusia, dan dengan berdoa seorang hamba bisa dekat dengan Tuhannya.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {إنَّ الله تَعَالَى يُحِبُّ الْمُلِحِّيْنَ فِى الدُّعَاءِ}.

Nabi saw. bersabda, “Sungguh Allah ta’ala itu menyukai orang-orang yang melanggengkan (selalu tetap) di dalam berdoa.” Hadis ini dhaif diriwayatkan oleh imam Al-Hakiim, imam Ibnu Adi, dan imam Al-Baihaqi dari sayyidah Aisyah r.a. Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa maksud tetap dalam berdoa adalah ia selalu konsisten berdoa kepada Allah swt. dengan ikhlas dan niat yang benar.

Namun yang perlu diketahui, dalam berdoa juga adab atau tata cara yang perlu dilakukan agar doa-doa yang dipanjatkan bisa menembus Arsy Allah SWT.

Berikut ini urutan atau adab-adab dalam berdoa agar doa cepat dikabulkan.

Menghadap Arah Kiblat

Sebagaimana arah kita saat salat, maka dalam berdoa pun seorang Muslim sebaiknya menghadap kiblat. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits yang berbunyi, “Rasulullah datang ketempat wukuf di Arafah dan beliau menghadap kiblat lalu terus menerus berdoa sehingga tenggelam matahari”.

Baca Juga :   Kandungan Gizi Sayur Lobak dan Kelebihannya

Dalam riwayat lain juga disebutkan mengenai Rasulullah yang berdoa menghadap kiblat.

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ يَحْيَى عَنْ عَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ قَالَ خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى هَذَا الْمُصَلَّى يَسْتَسْقِي فَدَعَا وَاسْتَسْقَى ثُمَّ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَقَلَبَ رِدَاءَهُ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Yahya dari ‘Abbad bin Tamim dari Abdullah bin Zaid dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam keluar menuju tempat shalat ini untuk meminta hujan, lalu beliau berdo’a miminta hujan dengan menghadap ke Kiblat dan membalikkan selendangnya.”

Membaca Hamdalah atau Pujian kepada Allah

Ketika meminta dengan manusia, biasanya kita akan merayu atau memujinya lebih dahulu. Allah sendiri memiliki nama-nama mulia yang terangkum dalam Asmaul Husna.

Baca Juga :   Melakukan Ujian, Baca Doa Berikut

Bacalah syahadat lebih dahulu untuk menunjukkan kepada siapa kita berdoa. Lalu ucap hamdallah sebagai bentuk syukur kita atas nikmat yang Allah berikan terhadap kita.

Apabila Anda memiliki permintaan khusus dalam doa, maka berdoalah menggunakan satu atau dua Asmaul Husna yang sesuai denga napa yang Anda minta. Misalkan sebut ya Allah Al Hadi, yang berarti maha pemberi petunjuk apabila Anda menginginkan ditunjukkan kepada sesuatu.

Membaca Istighfar dan Shalawat

Sahabat Nabi pernah berkata yang artinya, “Ketika Nabi Muhammad SAW duduk di masjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia sholat. Setelah selesai sholat, ia membaca doa, ‘Allahummaghfirlii warhamnii’.

Sebelum berdoa, maka hendaklah membaca istighfar dan mengucapkan sholawat kepada Rasulullah SAW. Terkadang, yang menghalangi terkabulnya doa kita adalah karena dosa-dosa yang kita lakukan di masa lalu yang belum kita mintakan ampunan. Oleh karena itu, istighfar merupakan bentuk kita meminta ampun sebelum berdoa.

Berdoa dengan Suara Lembut dan Rasa Takut

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al A’raf : 55-56 yang artinya, “Berserulah (Berdoa) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang- orang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Baca Juga :   Gejala Awal Dehidrasi, Yuk Kenali Agar Tak Semakin Parah

Tunjukkanlah kesungguhan kita saat berdoa. Bahwa kita benar-benar membutuhkan Allah SWT untuk membantu masalah atau mewujudkan keinginan kita.

Meyakini Bahwa Doa Akan Dikabulkan

Selain harus membaca dan melakukan hal di atas, kita juga harus yakin bahwa doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Karena prasangka kita terhadap sesuatu itulah yang akan menjadi kunci terkabulnya doa.

Allah selalu bersama prasangka hambanya.

Itulah urutan atau adab-adab dalam berdoa agar doa cepat dikabulkan. Mari amalkan hal-hal di atas mulai sekarang agar doa kita bisa terwujud. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *