Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Kalau Tak Mau Nastar Jadi Jelek!

Rembangnews.comNastar merupakan salah satu kue kering yang sering menjadi fokus saat Idul Fitri. Selai nanas yang digunakan sebagai isian memiliki rasa yang sedikit asam manis, sehingga wajar jika kue ini sering menjadi primadona.

Tetapi saat membuatnya seringkali dapat menyebabkan pusing. Hal tersebut terjadi jika kue nastar yang dipanggang tidak berbentuk bulat, melainkan jelek. Padahal, kamu sudah merasa bahwa semua takaran adonan sudah benar dan sempurna. Suhu oven yang sesuai dengan rekomendasi juga sudah sesuai. Jadi mengapa bentuk kue nastar ketika keluar dari oven memiliki bentuk yang jelek? Berikut adalah beberapa alasan yang dapat membuat potongan kue kamu terlihat jelek setelah keluar dari oven :

  1. Adonan langsung di panggang

Hampir semua orang mungkin membuat kesalahan ini. Jika adonan sudah jadi, langsung dibuat menjadi bola-bola kecil dan di isi selai nanas. Tunggu dulu, ini adalah kesalahan yang sering dilakukan orang-orang. Sebaiknya simpan adonan sebentar di lemari es. Setelah adonan sedikit dingin bisa di olah untukdi oven. Adonan dingin ini mencegah agar tidak meleleh. Jadi nastar tidak  berubah bentuk dan bulat sempurna.

  1. Menggunakan mentega cair

Kondisi mentega ternyata cukup besar pengaruhnya terhadap keindahan bentuk kue. Jika kamu menggunakan mentega, coba gunakan mentega beku daripada mentega cair. Apabila kamu menggunakan mentega cair, kue akan membengkak tidak merata saat di oven. Bekukan mentega sebelum digunakan dalam adonan nastar.

  1. Mengocok adonan terlalu lama

Jangan samakan adonan nastar dengan bolu yang perlu dikocok lama. Menguleni adonan kue ini hanya membutuhkan waktu sebentar, alasannya karena lemak di beberapa bahan tidak meleleh  saat mengocok adonan.

  1. Adonan terlalu lembek

Adonan dengan banyak air di tandai dengan adonan yang lebih lembut. Jika hal ini terjadi, dapat di pastikan bentuk kue kamu akan jelek saat di oven. Hindari adonan basah. Pastikan jumlah tepung yang kamu gunakan dalam adonan tepat agar adonan tidak lembek.

  1. Di pulung terlalu lama

Bagi sebagian orang, membuat bola-bola nastar menjadi hal yang menyenangkan. Namun perlu kamu ingat bahwa adonan kue ini terbuat dari campuran telur, mentega, dan tepung terigu. Suhu yang terlalu hangat akan membuat adonan menjadi lumer. Semakin lama adonan di pulung, maka adonan akan menjadi terlalu lunak dan mentega akan meleleh. Sehingga kue tidak akan bulat sempurna saat keluar dari oven.

Baca Juga :   Doa Saat Mengalami Bermimpi Buruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *