Cara Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan Tanpa Minum Obat

Rembangnews.comSakit tenggorokan pasti akan sangat mengganggu. Tentu saat mengalami sakit tenggorokan kamu akan susah menelan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Sakit pada tenggorokan tersebut biasanya mengacu pada nyeri, gatal dan iritasi. Rasa sakit biasanya bertambah parah saat kamu mencoba untuk menelan makanan atau minuman.

Faktanya, beberapa obat kimia dapat membantu meredakan sakitnya. Namun, terlalu banyak obat kimia tentu tidak baik untuk tubuh. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati rasa sakit tersebut, salah satunya dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan.

  1. Minum air hangat

Jika kamu merasa sakit saat menelan makanan atau minuman cobalah untuk meminum air hangat. Sensasi hangat tersebut mampu meredakan batuk serta melegakan tenggorokanmu.

  1. Kumur dengan air garam

Larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian aduk dan cobalah berkumur dengan larutan tersebut. Lakukan cara ini setiap tiga jam sekali untuk mengobati sakit pada tenggorokanmu secara alami. Air garam mampu membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokanmu.

  1. Mandi air hangat

Cobalah mandi air hangat jika tenggorokanmu merasa sakit. Kemudian hirup uap dari air hangat tersebut. Sebuah penelitian mengatakan bahwa uap hangat dapat mengendurkan lendir dan meredakan sakit pada tenggorokanmu.

  1. Minum madu

Madu merupakan obat tradisional sakit tenggorokan. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa  1 sendok makan madu dua kali sehari dapat meredakan sakit tenggorokan. Madu memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhan. Namun, madu tidak dianjurkan untuk bayi di bawah  1 tahun.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena ada senyawa antiinflamasi, antioksidan, dan astringen yang dikandungnya. Selain itu sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup uap the chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit pada tenggorokanmu. Mengonsumsi teh chamomile dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

  1. Teh peppermint

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk melegakan pernapasan. Selain itu, peppermint juga mengandung senyawa mentol yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit pada tenggorokanmu. Selain dinikmati sebagai teh, kamu juga dapat membuat semprotan dari minyak peppermint. Caranya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint food grade dengan 30 mililiter minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi. Satu review menemukan bahwa menggunakan bawang putih dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Kamu dapat mengunyah bawang putih sebagai obat alami radang tenggorokan. Tapi jangan lupa untuk menyikat gigi setelah itu.

Baca Juga :   5 Cara Memasak Daging Agar Cepat Lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *