Jangan Buang Begitu Saja, Ini 6 Manfaat Biji Semangka yang Jarang Diketahui

Rembangnews.comSemangka merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi untuk cuaca panas. Kandungan airnya dapat membantu menghilangkan dahaga. Namun, jangan buang biji semangka. Daripada membuangnya, akan lebih baik jika kamu juga memakan bijinya. Hal ini karena biji semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Semangka adalah buah yang kaya nutrisi. Kandungan airnya dapat membantu menghidrasi tubuh.

Sedangkan biji semangka dikenal rendah kalori dan kaya nutrisi. Segenggam biji semangka yang beratnya sekitar 4 gram hanya mengandung sekitar 23 kalori. Selain itu, bijinya juga kaya akan magnesium, zat besi, lemak sehat, dan seng. Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, tak heran jika biji buah yang satu ini memiliki banyak manfaat, berikut beberapa di antaranya :

  1. Menjaga kesehatan jantung

Biji buah yang kaya air ini memiliki sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik. Satu genggam (4 gram) bijinya mengandung 0,3 gram asam lemak tak jenuh tunggal dan 1,1 gram asam lemak tak jenuh ganda. Lemak sehat ini membantu melindungi dari risiko serangan jantung dan stroke serta membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

  1. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Seng dan magnesium dalam biji buah ini bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Zinc dapat membantu mengaktifkan sel imun yang bertugas melawan infeksi.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah yang satu ini memiliki biji dengan kandungan serat dan lemak tak jenuh. Keduanya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat.

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Biji buah ini juga banyak mengandung protein dan asam lemak esensial. Keduanya dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat. Kamu bisa menggunakan masker wajah berbahan semangka. Tapi, kamu tak perlu membuang bijinya.

  1. Menjaga tulang tetap kuat

Tulang yang kuat dan sehat membutuhkan mineral. Biji buah segar ini mengandung mineral tinggi seperti tembaga, mangan, dan potasium.

  1. Meningkatkan metabolisme

Biji buah semangka adalah pembangkit nutrisi seperti folat, zat besi, zinc, tembaga, magnesium, dan kalium. Selain itu biji buah ini di anggap bergizi karena juga kaya akan asam amino dan vitamin B kompleks. Semua nutrisi di atas bersama-sama membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga :   Mengenal Beragam Manfaat dari Daun Sirih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *