Hindari 5 Kesalahan Tidur Siang yang Tidak Sehat

Rembangnews.comTidur siang memang hal yang paling mengenakkan. Menurut beberapa penelitian, tidur siang bahkan memiliki banyak manfaat.

Tidur siang dapat membantu untuk mengembalikan energi seseorang. Biasanya orang yang telah malakukan aktivitas tidur siang maka akan tetap bersemangat untuk menjalani sisa hari.

Namun, jika kamu melakukan kesalahan saat tidur siang maka justru akan memperburuk kondisimu. Waktu dan cara yang salah akan membuatmu tidak segar saat bangun. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus kamu hindari saat tidur siang.

  1. Tidur terlalu lama

Tidur saat sedang merasa lelah memang hal yang dianjurkan. Namun, para peneliti hanya menganjurkan selama 20 hingga 30 menit saja. Jika lebih dari hal itu biasanya akan mengalami pusing dan kelelahan. Selain itu juga dapat menyebabkan kinerja otak melambat dan memori jangka pendek akan melemah.

  1. Saat sore dan menjelang petang

Jika kamu ingin merasakan tubuh yang fresh, maka hindari tidur ketika sore dan menjelang petang. Sebab ketika kamu terbangun maka akan merasa kebingungan, pusing dan linglung. Selain itu, tidur pada waktu ini juga akan mengganggu waktu tidur utama kamu.

  1. Menggantikan waktu tidur utama

Waktu istirahat utama manusia adalah saat malam hari. Kamu tidak bisa menggunakan waktu siang untuk menggantikan istirahat pada malam hari. Sebab saat siang hari, kamu tidak akan jatuh ke tahap tidur gelombang lambat (slow wave sleep stage) dalam waktu panjang. Pada tahap tersebut, biasanya tubuh akan mengembalikan energi untuk siap beraktivitas dan memproduksi hormon. Jadi tidur utama harus saat malam hari. Setidaknya, tubuh manusia dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak tujuh jam sehari. Jika kurang dari tujuh jam, maka akan mempengaruhi berbagai sistem kerja tubuh dan kesehatan.

  1. Tidak memiliki jadwal yang konsisten

Waktu yang tidak konsisten ini tentu saja akan mempersulit tubuh untuk menentukan waktu tidur yang tepat. Akhirnya tubuh akan sulit terlelap meski kamu dalam keadaan ngantuk. Apabila kamu sering tidur di waktu yang sama setiap hari, maka kamu akan lebih mudah terlelap dan bangun pada waktu yang pas.

  1. Lingkungan yang mengganggu

Saat beristirahat tentunya tubuh memerlukan lingkungan yang kondusif. Banyaknya gangguan yang terjadi tentu akan mengganggu kualitas tidurmu. Tubuh perlu rileks saat sedang istirahat, seperti ruangan yang sunyi, pencahayaan yang redup dan tempat tidur yang nyaman.

Baca Juga :   15 Bahaya Abu Vulkanik Letusan Gunung Semeru bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *