Pemkab Rembang Salurkan Alsintan Kepada Ratusan Kelompok Tani

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menyalurkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada ratusan kelompok tani pada Rabu, (12/4/2023) sore.

Bupati Abdul Hafidz didampingi Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ serta Kepala Dintanpan Agus Iwan Haswanto menyalurkan langsung bantuan tersebut bertempat di Kantor Dintanpan Rembang.

Alsintan yang diberikan adalah traktor roda 2 dengan jumlah 107 unit , rotary  35 unit, cultivator  99 unit , pompa Air 17 unit , Hand Sprayer 32 unit, kendaraan roda 3 sebanyak 32 unit, perajang tembakau 41 unit.

Sedangkan untuk bantuan bibit ada bibit kelapa 425 batang, bibit jagung 11.250 kg untuk 750 ha dan bibit durian dengan jumlah 200 batang untuk 2 hektar.

Baca Juga :   Berbagai Jenis Tanaman Bambu Ada di Kampung Iniori

Bahkan pemerintah juga memberikan bantuan premi asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk satu musim tanam kepada 363 kelompok tani.

Kepala Dintanpan Rembang, Agus Iwan mengatakan bahwa pemberian bantuan alsintan harus dibarengi dengan pendampingan pengelolaan dan pemanfaatan.

“Pemanfaatan Alat dan mesin pertanian di tingkat kelompok menjadi hal yang wajib dilakukan dan menjadi tanggungjawab pengurus kelompok untuk bisa memakmurkan anggotanya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pengadaan alsintan dan bantuan lainnya ini bersumber dari APBD Kabupaten Rembang, APBD dan Provinsi Jawa Tengan tahun anggaran 2023.

Bupati Rembang mengatakan pemberian bantuan ini merupakan salah satu menyejahterakan para petani di Kota Garam.

“Alsintan ini bisa untuk mengolah lahan cepat dan murah, nah nanti bisa sukses.Apalagi pada cuaca ekstrim, ini harus diwaspadai ,” jelasnya. (*)

Baca Juga :   Presiden Jokowi Terima Telepon Menteri Keuangan AS, Kondisi 28 Negara Mengejutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *