Jenis-Jenis Stres yang Perlu Diketahui

Rembang, Rembangnews.com – Manusia dalam menjalani kehidupan pasti tak lepas dari stres. Stres bisa terjadi saat seseorang dalam kondisi terancam, menerima tekanan, atau berada dalam situasi perubahan.

Kehidupan hiruk pikuk perkotaan yang sering kali membuat seseorang mudah terkena stress. Bagi setiap orang, stres dipicu oleh hal yang berbeda-beda tergantung individu itu sendiri.

Stres yang dialami terus menerus bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan psikis, yang kemudian bisa juga berdampak kepada fisik seseorang. Misalnya saja gangguan imun, rambut rontok, penyakit jantung, berat badan tidak normal, dan permasalahan lainnya.

Namun yang perlu Anda ketahui, bahwa stres juga memilki jenis-jenis yang berbeda. Anda perlu mengetahui jenis-jenis stres agar dapat melakukan penanganan yang tepat.

Baca Juga :   Makanan Pantangan untuk Penderita Ginjal

Berikut ini jenis-jenis stres yang perlu Anda ketahui.

  1. Stres Positif

Hal-hal positif juga dapat membuat stres seperti melangsungkan pernikahan atau kelulusan. Stres ini berdampak baik untuk kesehatan dan mampu meningkatkan imun. Stres ini mampu menemukan inspirasi dan mencapai target yang diinginkan.

  1. Distres Internal

Stres ini karena adanya ancaman atau situasi yang tidak menyenangkan. Secara otomatis tubuh akan membentuk pertahanan diri sehingga memuncul perasaan yang tidak nyaman. Pikiran-pikiran tersebut menyebabkan tubuh mengalami distres internal.

  1. Distres Akut

Stres ini terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa buruk yang berlalu dengan cepat. Berbeda dengan stres kronik yang terjadi ketika seseorang harus menahan stres dalam waktu yang lama. Kedua tipe stres ini dapat menimbulkan hiperstres.

  1. Hipostres
Baca Juga :   Tata Cara Berdoa Agar Mudah Dikabulkan

Stres ini terjadi ketika seseorang mengalami keadaan akibat tidak ada tekanan sama sekali. Hipostres dapat dikatakan sebagai ketiadaan stres yang justru membuat seseorang mengalami bosan yang luar biasa dan tidak merasakan tantangan apapun. Hal ini dapat menyebabkan depresi dan muncul keinginan untuk mengakhiri hidup.

  1. Eustress

Eustress merupakan jenis stres yang bisa dikatakan sebagai stres yang baik untuk seseorang. Tekanan yang terjadi tidak membuat seseorang terpuruk akan tetapi, membuat seseorang berusaha untuk mengatasinya. Stres ini biasanya terjadi pada orang dengan manajemen yang baik.

Demikian jenis-jenis stres yang perlu Anda ketahui. Semoga kita bisa terhindar dari stres berlebihan dan tetap sehat. (*)

Baca Juga :   Manjakan Penumpang dengan Pemandangan Indah, Ini Jadwal Operasi Kereta Panoramic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *