Ini Cara Mengatasi Penyakit yang Bisa Datang di Usia 20 dan 30-an

Rembang, Rembangnews.com – Usia 20-an dan 30-an merupakan usia produktif manusia. Pada masa ini, seseorang harusnya memiliki kondisi yang prima dan bugar.

Namun, tak jarang kini generasi usia 20-an dan 30-an sudah mengalami beberapa keluhan penyakit. Masalah kesehatan di usia ini bisa saja terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan bisa juga karena faktor lingkungan.

Beberapa penyakit yang bisa menghampiri di usia 20-an diantaranya osteopenia, gangguan tidur atau insomnia, migrain, penglihatan menurun, dan lain sebagainya.

Penyakit osteopenia bisa saja menyerang karena gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik karena terlalu lama duduk dan bermain game.

Tak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan instan juga bisa membuat risiko obesitas.

Baca Juga :   3 Gejala Gagal Ginjal Akut yang Serang Anak

Sedangkan penyakit yang mengancam orang yang berumur 30-an diantaranya yaitu kelelahan berlebihan karena terlalu banyak beraktivitas, anemia karena pola makan tidak sehat, penyakit jantung, penuaan dini, hingga obesitas

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi resiko penyakit di usia 20-an dan 30-an ini. Yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit-penyakit usia muda.

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan agar tubuh sehat dan risiko penyakit di usia muda berkurang.

  • Perhatikan asupan gizi

Makanan dan minuman yang masuk ke tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Sebelum terserang penyakit-penyakit berbahaya, Kamu sebaiknya memperhatikan asupan gizi harian. Penuhi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan sehat dan kurangi makanan instan.

  • Rajin berolahraga
Baca Juga :   Ketahui Perbedaan Stunting dan Gizi Buruk

Gaya hidup sehat dengan olahraga sudah banyak diterapkan di masyarakat. Namun masih ada juga yang malas berolahraga dengan berbagai alasan. Jika Kamu ingin mendapatkan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit usia muda, sebaiknya luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk berolahraga.

  • Menjaga berat badan

Berat badan terlalu kurus atau terlalu gemuk tidak bagus untuk kesehatan. Kamu perlu menjaga berat badan agar ideal dan stabil. Jika Kamu ingin menurunkan berat badan, pastikan melakukannya dengan diet yang sehat.

  • Mengontrol stress

Masalah yang sering dialami generasi muda adalah stres. Penting untuk belajar mengelola stres agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh Kamu.

  • Hindari begadang
Baca Juga :   Kebiasaan Yang Merusak Otak Tanpa Kamu Sadari

Tubuh perlu istirahat yang cukup untuk mengembalikan fungsi-fungsi organ di dalamnya. Jika tidak penting, sebaiknya Kamu tidak begadang terlalu sering. Usahakan untuk tidur minimal 7 jam setiap hari.

Demikian cara mengatasi penyakit yang bisa datang di usia 20 dan 30-an. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *