Puluhan Anggota Pramuka Kwarcab Rembang Berangkat Menuju Jambore Nasional 2022

Rembang, Rembangnews.com – Puluhan anggota pramuka Kwartir Cabang Rembang akan berangkat ke Jambore Nasional XI tahun 2022 di Cibubur. Pada Selasa (9/8/2022), mereka bertemu dengan Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz di rumah dinas komplek Museum RA Kartini.

Dalam pertemuan itu, Bupati memberikan motivasi kepada para peserta Jamnas yang semuanya duduk di bangku SMP/MTs. Selain itu, sejumlah nasehat juga disampaikan kepada puluhan anggota pramuka peserta Jambore Nasional Cibubur.

Bupati Hafidz mengatakan selama pelaksanaan Jamnas mulai 14-21 Agustus 2022, para peserta Jambore Nasional diharapkan bisa menjaga nama baik Kabupaten Rembang dan mengembangkan ilmu dari sekolah.

“Adik-adik menjaga etika dan komunikasi. Apa yang sudah diajarkan para pembimbing supaya ditaati agar prestasi yang kita cita-citakan bisa kita raih,” imbuhnya.

Baca Juga :   Meski Beda Pilihan, Wabup Hanies Minta Warga Jaga Harmonisasi

Lebih lanjut, Bupati Hafidz juga memberi perhatian terhadap kesehatan. Peserta Jamnas diminta melaporkan kepada pembimbing jika ada yang merasa tidak enak badan.

“Jika ada tanda-tanda kurang sehat segera melapor, di sana pasti ada pos kesehatan. Jangan dipaksakan, jangan parah baru lapor, kebugaran ini di pramuka menjadi modal utama,” ungkapnya.

Ada 16 peserta yang mengikuti jambore dari berbagai sekolah, yang terdiri atas regu putra sebanyak 8 peserta dan regu putri sebanyak 8 peserta. Selain itu ada tim budaya sejumlah 10 anak dari SMPN 1 Lasem yang akan memperkenalkan kerajinan khas Batik Tulis Lasem.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lasem, Estu Budi Winarni menambahkan muridnya akan memperkenalkan budaya khas Rembang yaitu membatik. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk mendukung berbagai bentuk kegiatan memperkenalkan batik tulis Lasem ini.

Baca Juga :   Kabupaten Rembang Raih Penghargaan dari Komisi Informasi Jateng

“Nantinya peserta Jambore Nasional dari kota kita ajak juga untuk membatik. Kita bawa potongan- potongan kain, nanti bisa buat sarana membatik dan peserta dapat membawa pulang (ke daerah masing-masing),” tandasnya.

Disamping sebagai peserta dan mendapatkan kepercayaan sebagai Tim Pameran Budaya, perwakilan Kwarcab Rembang juga menjadi Panitia Jamnas XI atas nama Imron (Literasi Digital), Ezra (Saka Milenial) dan Panji (tim sekretariat Binkem). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *