Cara Obati Eksim yang Menyerang Kulit

Rembang, Rembangnews.com – Ada cara obati eksim yang bisa Anda coba jika Anda atau keluarga mengalami keadaan yang sama dengan yang baru-baru ini dialami anak pasangan dari Aurel Hermansyah.

Eksim sendiri merupakan kondisi saat kulit meradang, gatal, pecah-pecah, kasar, hingga terkadang lecet. Eksim bukan penyakit menular, sehingga jangan khawatir akan tertular.

Penyakit ini memang sering diidap anak di bawah usia lima tahun. Dan terkadang bisa terbawa hingga sang anak tumbuh besar.

Untuk mendeteksi penyakit ini, gejala yang bisa dilihat dan dirasakan yaitu kulit kering hingga bersisik, muncul ruam atau kemerahan, gatal, ada luka terbuka, berkerak, hingga berair.

Meski penyebabnya belum diketahui secara spesifik, namun menurut ahli, eksim muncul karena faktor genetik dan lingkungan. Misal saja orang tua yang memiliki masalah kulit cenderung anaknya juga akan memiliki masalah yang sama.

Baca Juga :   10 Tips Nonton Konser Pertama Kali

Lalu untuk faktor lingkungan disebabkan oleh alergi sabun, detergen, sampo, disinfektan, atau produk perawatan tubuh lainnya.

Selain itu juga bisa karena alergen karena tungau, debu, hewan peliharaan, bakteri Staphylococcus aureus, virus, dan jamur.

Perubahan cuaca yang sangat panas atau dingin, muncul keringat berlebihan, makanan yang memicu alergi seperti produk susu, telur, kacang, kedelai, atau gandum pun bisa menjadi pemicunya.

Ada cara obati eksim yang bisa Anda coba diantaranya melakukan terapi obat eksim, fototerapi, perawatan di rumah.

Perawatan di rumah yang bisa dilakukan diantaranya mandi dengan air hangat, mengoleskan pelembab tiga menit setelah mandi, menjaga kelembaban tubuh, memakai baju dari bahan katun atau kain yang lembut.

Baca Juga :   Ria Ricis Doakan Lesti Kejora usai Kasus KDRT

Jangan gunakan kain berserat kasar, ketat, dan membuat gerah. Jika punya, gunakan humidifier di kamar saat cuaca kering dan dingin.

Kemudian perhatikan penggunaan sabun dan produk perawatan kulit, pilihlah yang yang lembut. Saat mengeringkan tubuh gunakan handuk dengan cara ditepuk jangan digesek. Usahakan tidak mengerjakan aktivitas yang memicu keringat berlebihan.

Jika cara-cara ini diterapkan maka akan membantu eksim tidak tumbuh di kulit. Demikian cara obati eksim yang bisa dicoba. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *