Atasi Asam Lambung dengan 10 Makanan Berikut

Rembangnews.com – Bagi beberapa orang tentu sudah tidak asing lagi dengan asam lambung. Penyakit yang satu ini dapat mengakibatkan sakit tenggorokan, suara serak dan rasa tidak nyaman pada mulut.

Asam lambung atau gerd juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian atas. Selain itu, gerd yang sudah parah bahkan dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Naiknya asam lambung ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Biasanya penyakit ini akan kambuh saat tidak memperhatikan makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mengatasi kambuhnya gerd.

  1. Oatmeal

Makanan yang memiliki serat tinggi ini dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu oatmeal juga dipercaya dapat mengatasi gerd. Kamu juga dapat konsumsi beras merah, ubi jalar, wortel dan kacang hijau.

  1. Pisang

Pisang terbukti mampu mengatasi menurunkan asam lambung. Hal itu sebab adanya kandungan kadar asam, kaya nutrisi dan antioksidan dalam satu buah pisang. Selain pisang, kamu juga dapat mengonsumsi kembang kol dan melon.

  1. Semangka

Buah semangka juga mampu menurunkan atau meredakan asam lambung. Hal itu sebab kandungan air yang terdapat dalam buah semangka. Selain buah semangka, kamu juga dapat mengonsumsi sayur seperti timun, selada dan seledri. Namun bagi kamu yang memiliki darah rendah, maka harus menghindari semangka dan timun

  1. Memakan permen karet

Saat kamu mengunyah permen karet, tentu saja kamu akan mengeluarkan banyak air liur. Tentu saja air liur akan membasahi esofagus dan mengurangi kadar asam dalam lambung.

  1. Susu

Susu juga dapat membantu untuk menurunkan asam lambung. Namun, kamu harus konsumsi susu yang tanpa lemak.

  1. Jahe

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat membantu meredakan asam lambung. Hal itu sebab jahe memiliki sifat basa yang dapat menurunkan kadar asam dan dapat meredakan inflamasi dalam tubuh.

  1. Cuka apel

Kamu dapat mengonsumsi cuka apel dalam jumlah yang sedikit untuk menurunkan asam pada kerongkongan dan saluran cerna.

  1. Air lemon

Meski air lemon juga asam, namun kamu dapat meminumnya dalam jumlah yang sedikit. Kamu perlu mencampurkan air lemon dengan air hangat dan madu. Perlahan, gerd pasti akan menurun. Sebab air lemon, air hangat dan madu memiliki sifat basa yang mampu menetralkan asam lambung.

  1. Larutan baking soda

Siapa sangka jika larutan baking soda mampu menurunkan asam lambung. Penderita gerd dapat mengonsumsi larutan baking soda dan mencampurkannya dengan segelas air. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok baking soda saja.

  1. Jus lidah buaya

Kamu dapat menggunakan jus lidah buaya  untuk meredakan rasa asam. Sebab lidah buaya mampu mendinginkan saluran cerna dan meredakan asam lambung.

Baca Juga :   Inilah Berbagai Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *