5 Tips Agar Kaki Terbebas dari Kutu Air Setelah Terendam Banjir

Rembangnews.com – Beberapa waktu terakhir terlihat hujan sangat deras mengguyur beberapa daerah Indonesia hingga mengakibatkan banjir. Jika tidak terlalu parah, tentu kamu akan tetap menjalani aktivitas seperti biasa.

Tentu saja sebab genangan air yang tinggi akan membuat kaki menjadi lembab dan kotor. Belum lagi lumpur dan air yang sudah tercampur dengan berbagai kotoran yang mengandung banyak bakteri.

Hal tersebut pastinya akan menimbulkan kutu air dan jamur pada kaki. Kamu dapat mencegah timbulnya kutu air dan jamur kaki melalui beberapa tips berikut ini.

  1. Usahakan selalu bersihkan kaki menggunakan air bersih yang mengalir

Jika kamu pulang dari tempat yang terdampak banjir atau genangan air yang kotor, seera bersihkan kaki hingga bersih. Sebab air banjir beserta bekas lumpur yang menempel tentu membawa banyak bakteri. Agar bakteri itu tidak menempel terlalu lama di kaka kamu, maka segera bersihkan dengan sabun.

  1. Selalu menggunakan alas kaki yang kering

Ketika hujan turun dan kamu masih dalam perjalanan menggunakan motor, tentu alas kaki pun akan basah. Dalam kondisi tersebut, segera lepas alas kaki agar jamur tidak berkembang biak. Segera keringkan kaki dan gunakan alas kaki yang kering. Jadi kamu perlu membawa kaos kaki cadangan setiap kali bepergian, apalagi musim hujan.

  1. Jangan biarkan bertelanjang kaki saat terjadi banjir

Jamur dan bakteri sangat menyukai tempat yang lembap dan basah. Agar jamur dan bakteri tidak langsung berpindah ke kaki kamu, maka tetap pakailah sepatu anti air atau sandal ketika banjir. Hal tersebut juga dapat berguna untuk melindungi kaki.

  1. Rajin memotong kuku

Salah satu yang dapat memicu berkembangnya bakteri dan jamur adalah kuku yang panjang. Sebab hal tersebut akan berpotensi untuk membuat kotoran menyelip di sela-sela kuku. Jadi untuk meminilasir hal tersebut, kamu harus rajin memotong kuku.

  1. Menggunakan krim anti jamur

Untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur pada kaki saat banjir, kamu dapat menggunakan krim ati jamur setiap saat. Gunakanlah krim anti jamur pada telapak dan sela-sela jari kaki. Perlu kamu ingat bahwa menggunakankan krim anti jamur ini harus dalam kondisi kaki yang bersih.

Baca Juga :   Alasan Rambut Tidak Tumbuh  

Demikian beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mencegah perkembangan bakteri dan jamur pada kaki saat banjir. Tetap terapkan perilaku hidup bersih agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *