Komitmen Jadikan Rembang Lebih Terang, Pemkab Anggarkan Dana untuk LPJU

Rembang, Rembangnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berkomitmen terus berupaya memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan dengan penambahan infrastruktur lampu jalan.

“Kami terus berupaya membuat kabupaten yang memiliki panjang pantai kurang lebih 64 kilometer itu menjadi terang,” ujar Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang, Untung Buntaran.

Dinas Perhubungan (Dinhub) pun berencana menambah Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) untuk tahun 2023 dengan anggaran dana sebesar Rp5 miliar. Dana tersebut dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Penambahan LPJU diprioritaskan untuk jalan Kabupaten dikarenakan menjadi tugas dan wewenang dari Pemkab Rembang.

“Diprioritaskan untuk jalan kabupaten, untuk jalan berstatus kewenangan desa sementara ini dianjurkan menggunakan ADD (Anggaran Dana Desa),” kata Buntaran.

Baca Juga :   9 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Cegah Kasus Stunting Baru

Sementara dalam perbaikan lampu itu dengan penambahan LPJU menganggarkan dana sebesar tersebut dapat digunakan untuk membeli 460 sampai 500 unit.

Terkait penentuan lokasi pemasangan LPJU, Buntaran mengungkapkan nanti dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sampai Dinhub yang melakukan survei ke lapangan langsung.

“Pemkab telah menganggarkan Rp5 miliar untuk LPJU dari APBD. Jika dihitung banyaknya unit LPJU, anggaran tersebut dapat digunakan untuk membeli 460 sampai 500 unit,” ungkap Buntaran.

Penambahan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dilakukan setiap tahun. Sebelumnya, pada tahun 2022 Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang telah memasang 938 unit LPJU.

LPJU tersebut dipasang di 14 kecamatan menyebar ke beberapa titik ruas jalan. (*)

Baca Juga :   Guru Agama Jadi Tersangka Pelecehan Seksual Terhadap Siswinya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *