Awas, Kenali 10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Kamu Tahu

Rembangnews.comUsus buntu merupakan salah satu penyakit saat usus mengalami peradangan. Munculnya penyakit ini biasanya disertai oleh beberapa tanda yang menunjukkan ada penyakit atau permasalahan pada usus.

Penyakit ini memiliki gejala ringan dan berat, namun orang lebih menyepelekan gejala ringan. Gejala ringan yang disepelekan tersebut tentu akan berubah menjadi gejala berat yang membahayakan.

Tanda-tanda atau gejala yang dialami oleh setiap orang biasanya berbeda-beda. Tentu saja gejala tersebut akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Biasanya orang yang memiliki penyakit usus buntu akan merasa kesakitan pada area perut atau saat mengonsumsi makanan.

Tentu kamu harus mengenali gejala usus buntu lebih dini. Sebab, jika penyakit tersebut tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan kematian. Jadi segera periksa ke dokter jika mengalami gejala usus buntu berikut ini :

  1. Nyeri perut

Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami nyeri pada perut bawah bagian kanan dan berpindah hingga ke pusar. Jika hal tersebut diabaikan, maka kondisi akan semakin parah.

  1. Mual

Mual juga termasuk salah satu gejala ringan yang perlu kamu waspadai. Mual terjadi sebab adanya sumbatan di area usus karena peradangan.

  1. Muntah

Setelah merasa mual, maka orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami muntah. Hal tersebut sebab adanya penyumbatan dalam usus dan hambatan pada sistem pencernaan.

  1. Nafsu makan berkurang

Gejala selanjutnya yaitu menjadi tidak selera makan atau berkurangnya nafsu makan. Hal tersebut terjadi sebab efek darii mual dan muntah setelah mengonsumsi makanan atau minuman.

  1. Diare atau sembelit

Diare atau sembelit merupakan salah satu gejala ringan usus buntu. Gejala yang satu ini menyebabkan perut kembung sebab banyak makanan yang susah untuk di cerna atau perut terasa kosong sebab buang air terus menerus.

  1. Sulit buang gas

Sebab kesulitan buang air besar, penderita penyakit ini juga akan mengalami kesulitan untuk buang gas. Kesulitan untuk buang gas tersebut juga menjadi penyebab mual dan perut kembung.

  1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala atau tanda ringan seseorang terkena penyakit usus buntu. Saat tubuh mengalami demam, maka segera periksa ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Tubuh menggigil

Gejala selanjutnya yaitu terasa menggigil karena terjadi penurunan suhu tubuh Jika kamu merasa tubuh menggigil, maka segera periksa ke dokter. Sebab tubuh yang menggigil juga dapat terjadi sebab organ tubuh kesulitan mencerna makanan.

  1. Pembengkakan pada perut

Kesulitan mencerna makanan juga akan menyebabkan perut menjadi membesar atau bengkak. Hal tersebut terjadi sebab isi di dalam perut merupakan gas yang susah untuk dikeluarkan.

  1. Meningkatnya suhu tubuh

Jika kamu merasa suhu tubuh tiba-tiba meningkat drastic dari suhu normal, maka segera untuk periksa ke dokter. Sebab hal itu bisa saja menjadi salah satu gejala usus buntu yang tergolong berat.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung Naik Saat Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *