Manfaat Daun Ubi Jalar Mampu Meredakan Nyeri Haid Hingga Atasi Penyakit Kanker

Rembangnews.com – Selain Ubinya, ternyata daun ubi jalar juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. Ubi jalar merupakan salah satu hasil alam Indonesia yang sangat mudah ditemukan. Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, baik rempah-rempah maupun berbagai hasil alam yang dapat diolah dengan baik termasuk daun ubi jalar.

Daun ubi jalar bersifat antioksidan, anti kanker, anti alergi, anti mikroba dan anti inflamasi, sehingga sangat baik apabila rutin mengonsumsinya. Tak heran jika banyak masyarakat yang menggunakan daun ubi jalar dalam berbagai pengobatan. Berikut beberapa manfaat daun ubi jalar yang baik untuk kesehatan mulai dapat meredakan kram menstruasi hingga membantu mengalahkan kanker.

  1. Meredakan kram menstruasi

Kandungan vitamin K dalam tumbuhan ini mampu membantu meredakan nyeri atau kram saat menstruasi. Hal itu karena bahan ini mampu membantu pembekuan darah dan mengurangi risiko pendarahan berlebihan saat menstruasi.

  1. Pembekuan darah

Daun ubi jalar dapat membantu pembekuan darah, sehingga baik untuk penyembuhan cepat luka kulit dan memar.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Adanya kandungan vitamin B6 dan  K yang tinggi dapat mencegah pengapuran pembuluh darah jantung, membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Mendapatkan cukup vitamin K  juga dapat membantu kamu mengontrol tekanan darah secara alami dan mengurangi risiko  serangan jantung.

  1. Kesehatan mata

Sebuah penelitian yang pada 2019 mengklaim bahwa mengonsumsi vitamin A, C dan E dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Bahan-bahan ini terdapat pada daun ubi jalar.

  1. Mengobati masalah gigi dan gusi

Makanan kaya mineral dan vitamin, salah satunya yang berasal dari daun ubi jalar yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab enamel gigi. Dengan cara ini, kondisi gigi menjadi lebih kuat.

  1. Kesehatan tulang

Daun ubi jalar yang kaya akan vitamin K dapat menjaga kalsium dalam tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

  1. Kulit dan rambut menjadi lebih sehat

Kandungan glikoprotein merupakan kombinasi  protein dan gula yang bermanfaat sebagai sel pembentuk jaringan lunak kulit. Daun ini juga dapat merangsang produksi kolagen yang membantu rambut bersinar dan kuat.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan fungsi usus.

  1. Meningkatkan jumlah trombosit

Kemudian manfaat kesembilan dari mengonsumsi daun ubi jalar yaitu mampu meningkatkan jumlah trombosit. Caranya yaitu dengan merebus daun ubi jalan dan mengonsumsinya.

  1. Mampu memperbaiki pencernaan

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, selain mengenyangkan dan sangat baik untuk usus, daun ubi jalar juga mampu mengatasi keluhan sembelit. Mengonsumsi daun ubi jalar juga akan membuat kita kenyang lebih lama, sehingga tidak membuat kita makan berlebihan.

  1. Mengurangi risiko asam urat

Menurut penelitian dalam Archives of Internal Medicine and Nutrition Research, asupan vitamin A, vitamin C, dan betakaroten yang tinggi dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Menyehatkan otak

Sifat anti inflamasi ini mampu melindungi otak dari stres oksidatif yang dapat merusak sel dan merupakan faktor risiko penyakit parkinson, penyakit Alzheimer, dan gagal jantung. Tentu saja ini adalah manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan kamu di masa depan.

  1. Obat kanker

Asupan vitamin K mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular. Jadi konsumsilah daun ubi jalar secara rutin untuk menghindari risiko terkena penyakit kanker.

Baca Juga :   Hindari 5 Kesalahan Tidur Siang yang Tidak Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *