Menelusuri Kisah Mistis Bunker Kaliadem di Gunung Merapi Yogyakarta

Rembangnews.com – Selain terkenal sebagai kota wisata, Yogyakarta tidak lepas dari masyarakatnya yang kental dengan hal mistis. Bahkan beberapa tempat dipercaya memiliki cerita seram, salah satunya adalah bunker Kaliadem. Di balik pemandangan indahnya, bunker Kaliadem ternyata memiliki sisi yang mistis.

Di bunker Kaliadem konon sering terdengar suara tangisan dan selalu memberikan suasana kelam bagi pengunjung. Penasaran apa sebenarnya bunker itu dan bagaimana cerita horornya? Simak cerita lengkapnya berikut ini:

  1. Sudah ada sejak zaman Belanda yang berguna untuk tempat berlindung

Secara administratif, bunker Kaliadem terletak di Kinarejo, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya cukup dekat dengan Gunung Merapi, sehingga pemandangan gunung cukup jelas.

Kabarnya, bungker Kaliadem ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Bunker tersebut menjadi tempat berlindung masyarakat apabila Gunung Merapi meletus. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Gunung Merapi hingga kini masih berstatus aktif. Tidak hanya itu, bunker ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti toilet, pintu baja setebal 15 cm, dan dinding beton setebal 25 cm.

  1. Kisah dua relawan yang tewas di bunker Kaliadem

Pada tahun 2006 silam, Gunung Merapi mengalami letusan dahsyat. Sedikitnya ada 151 orang meninggal dunia akibat bencana alam tersebut. Kabarnya, dua diantara korbannya ditemukan tewas di bunker Kaliadem.

Baca Juga :   e87bf4eb35659090246c887ac8fa9940

Berdasarkan cerita yang beredar, ada seorang relawan yang sedang bertugas di bunker tersebut. Kemudian ada seorang warga yang berusaha mengajak warga lain untuk masuk ke dalam bunker. Namun tidak ada warga lain yang mendengar ajakannya.

Kemudian kedua orang itu masuk ke dalam bunker dan mengira bahwa bunker tersebut aman. Sayangnya, justru di bunker tersebutlah mereka berdua meninggal. Ketebalan beton dan baja tidak bisa benar-benar menjadi peredam panas gembel wedhus dan lahar panas Gunung Merapi kala itu. Bahkan, suhu di dalam bunker disebut-sebut naik hingga 200 derajat celcius.

  1. Sempat tertimbun material letusan Gunung Merapi

Pasca jatuhnya korban jiwa, bunker Kaliadem tidak lagi direkomendasikan sebagai tempat berlindung saat Gunung Merapi meletus. Bahkan pada tahun 2010, ketika Gunung Merapi kembali meletus lebih dahsyat, bunker ini sempat dikabarkan menghilang karena tertimbun material letusan Gunung Merapi.

Baca Juga :   Inilah 20 Ramalan Jayabaya yang Dipercaya Telah Terwujud

Tak main-main, timbunan ini mencapai ketebalan empat meter dan baru digali lagi empat tahun kemudian. Akibat pengaruh lahar panas, keberadaan bunker ini sempat tak lagi terdeteksi. Pintu baja yang awalnya terlihat kokoh kemudian berkarat. Di dalamnya juga terdapat berbagai material yang cukup tebal, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan alat berat untuk memperbaikinya.

  1. Sering terdengar suara tangusan dan suasananya merinding

Banyak yang pernah ke sini memberikan berbagai kesaksian tentang bunker Kaliadem yang misterius. Mereka mengakui bahwa saat matahari terbenam, suara aneh mulai terdengar seperti orang menangis dan merintih. Tak berhenti sampai di situ, ada yang mengatakan bahwa saat memasuki bunker, suasana mencekam langsung muncul dan membuat bulu kuduk berdiri.

Baca Juga :   Penghargaan Adiwiyata Dinilai Jadi Langkah Awal untuk Peduli Lingkungan

Beberapa orang yang indera keenam juga mengatakan bahwa di sana ada seorang pertapa yang mengenakan sorban dan pakaian putih lainnya menjaga bunker tersebut. Selain menjaga dan bertapa, sosok tersebut juga kabarnya berdzikir dan berdoa untuk kebaikan bangsa dan negara.

Terlepas dari hal tersebut, bunker Kaliadem kini kembali dibuka untuk umum bahkan menjadi objek wisata yang selalu ramai pengunjung baik siang maupun malam. Bunker ini juga bisa menjadi pengingat bahwa tidak ada tempat teraman di dunia ini dan apapun bisa terjadi atas izin Yang Maha Kuasa.

Bagi kamu yang tertarik dengan cerita selengkapnya mengenai bunker Kaliadem ini maka kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini. Nah, itulah cerita atau kisah horor tentang bunker Kaliadem yang hingga kini masih menjadi misteri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *