Jumlah Penyaluran ZIS PNS Rembang Diharapkan Bisa Meningkat

Rembang, Rembangnews.com – Jumlah penyaluran Zakat, Infaq dan Sodakoh (ZIS) dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BUMN dan instansi vertikal melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rembang diharapkan bisa meningkat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Ia mengatakan penyaluran ZIS dari PNS, BUMD, BUMN, dan instansi vertikal melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dilakukan untuk penanganan sosial.

“Saya berharap UPZ-UPZ ini bisa meningkatkan yang diberikan. Kalau jumlahnya kita hitung 7000, karena pegawai pemerintah itu jumlahnya 6000an, kita bicara Rp100 ribu saja, minimal kita dapat Rp8,4 miliar dalam setahun, saat ini masih Rp4,1 miliar,” harapnya.

Baca Juga :   Bupati Rembang Resmikan Pembukaan Pemberangkatan Haji

Baznas sendiri melakukan pengelolaan zakat untuk disalurkan kepada beberapa jenis bantuan diantaranya pendidikan, produktifitas ekonomi warga tidak mampu, kemanusiaan, sosial dan kesehatan. Dengan begitu diharapkan kebermanfaatannya lebih tinggi dan tepat.

Ia pun menyebut bahwa zakat juga merupakan bagian dari perintah dan ajaran agama Islam.

“Zakat Itu sudah diperintahkan oleh agama, yang kuat membantu yang lemah. Kalau bicara zakat pasti disitu ada sholat, berdampingan terus, jangan sholatnya iya tapi zakatnya tidak,” jelasnya.

Sebagai informasi, baru-baru ini penyaluran zakat dilakukan. Ada sebanyak Rp1.325.600.000,- yang berhasil dikumpulkan. Kemudian diwujudkan menjadi paket sembako dan uang tunai yang disalurkan kepada sebanyak 3.100 mustahik yang terbagi di 14 Kecamatan di Rembang.

Baca Juga :   KH Luthfi Tomafi Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Meninggal

Bantuan yang diterima adalah uang tunai sebesar Rp250.000 dan paket sembako senilai Rp200.000, khusus yatim/piatu uang tunainya Rp200.000 dan paket sembakonya senilai Rp200.000. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *