Menilik Makna Desain Kebaya RA Kartini

Rembang, Rembangnews.com – RA Kartini merupakan salah satu pahlawan perempuan di Indonesia yang jasanya takkan pernah terlupakan.

Hingga kini, berbagai hal tentang RA Kartini pun menjadi sejarah yang dikenang dan dipelajari. Salah satu hal yang diketahui dari sosok Kartini adalah dalam kesehariannya ia selalu memakai kebaya.

Salah satu kebaya milik RA Kartini yang berwarna biru dongker saat ini berada di Museum RA Kartini Rembang.

Kepala Dinbudpar Rembang, Mutaqin menuturkan bahwa kebaya milik Kartini seperti yang ada di museum tersebut memiliki desain kerah berbentuk V. Bentuk kerah itu menunjukkan bahwa Kartini adalah seorang muslimah.

Hal itu didasarkan pada kajian dari Dr. Siti Maziyah UNDIP, peneliti kain jawa dr masa mataram kuno-majapahit dan Bagus Ujianto BPK wil. X, pengkaji cagar budaya. Kerah yang berbentuk V ini disebut menutupi bagian dada seorang wanita.

Baca Juga :   Bupati Rembang Spontan Hadiahkan Rp5 Juta di Acara Gebyar Vaksinasi

“Kerah kebaya RA Kartini ini berbentuk V, tidak kutu baru atau bentuk lainnya. Dan menurut kajian, dari model kebaya itu menunjukkan bahwa RA Kartini itu seorang muslimah, kerah bajunya V dengan dada tidak kelihatan,” jelasnya.

Sementara itu, Hj. Hasiroh Hafidz selaku Ketua TP PKK Kabupaten Rembang menyoroti mengenai kebaya bagi perempuan.

Menurutnya, dengan melihat sosok RA Kartini, perempuan Rembang dapat ikut mengenakan kebaya setidaknya seminggu sekali.

“Apalagi kebaya RA Kartini ini harus kita lestarikan. Sehingga remaja dan anak-anak mengetahui bahwa kebaya ini adalah milik kita,” jelasnya.

Dengan begitu, diharapkan para wanita dan khususnya remaja menjadi bangga mengenakan kebaya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *