Makanan Khas Sayur Tim Rembang, Sudah Ada Sejak 1990-an

Rembang, Rembangnews.com – Sayur tim yang berasal dari Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan merupakan salah satu makanan khas dari Rembang.

Meski tak seterkenal lontong tuyuhan, namun makanan yang satu ini juga tak kalah enaknya. Bagi masyarakat sekitar, sayur tim sendiri sering disajikan saat hajatan, termasuk saat acara sedekah bumi dan sedekah laut.

Kepala Desa Pandangan Wetan, M. Salam mengungkapkan bahwa masakan tim ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Namun sedikit ada perbedaan dengan masakan yang sekarang.

Dimana pada zaman dahulu, sayur cengkir dibuat dengan lebih sederhana daripada sekarang.

“Sayur tim ini ada tahun 90-an, cuma dulu masih sederhana tidak seperti sekarang. Namun pada perkembangannya, masakan ini semakin familiar di masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :   Kapolres Rembang Apresiasi Personel yang Terlibat Pengamanan TPS

Salah satu warga Desa Pandangan Wetan, Suarti mengatakan bahwa dirinya seringkali memaskan sayur tim dua kali dalam setahun. Sedangkan dalam acara hajatan, masakan tersebut biasanya disajikan malam untuk ‘melekan’ di rumah orang yang memiliki hajat.

Masakan ini dibuat dari bahan dasar cengkir atau kelapa yang masih sangat muda. Cengkir ini biasanya dibeli dari Desa Ngasinan dan Woro Kecamatan Kragan.

“Cengkirnya beli dari Ngasinan atau Woro. Harus pesan dulu, kalau tidak pesan susah dapatnya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *