Hasil SPI, Risiko Tindak Korupsi di Lingkup Pemprov Jateng Kecil

Rembangnews.com – Berdasarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), risiko tindak korupsi di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kecil.

Dimana Jateng mendapat skor 77,9, indeks integritas tertinggi kategori provinsi tipe besar. Penilaian tersebut berdasarkan pada survei penilaian integritas tahun 2023.

Dimana KPK melibatkan sebanyak 553 ribu responden, dari 94 kementerian/ lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 510 pemerintah kota/ kabupaten.

Provinsi tipe besar sendiri berarti provinsi tersebut tergolong memiliki anggaran dan sumber daya manusia yang besar.

“Yang provinsi dengan anggaran besar skor paling baik itu Jawa Tengah. Sedangkan untuk provinsi tipe sedang tertinggi Bali, kemudian tipe kecil DI Yogyakarta,” ujar Deputi KPK RI bidang pencegahan dan monitoring Pahala Nainggolan.

Baca Juga :   Posyandu di Sumber Rembang Raih Juara 1 Lomba Tingkat Jateng

Pemkot Surakarta juga memeroleh penilaian baik dengan skor 83,8, untuk wilayah pemkot bertipe besar.

Inspektur Provinsi Jawa Tengah Dhoni Widianto, menyebut capaian itu adalah hasil dari reformasi birokrasi yang diterapkan.

“Hasil survei ini menggambarkan tingkat reformasi birokrasi dalam perbaikan tata kelola pemerintahan, dampak sosialisasi dan kampanye integritas, serta pembangunan budaya antikorupsi yang dilakukan kepada masyarakat, dan efektivitas pelaksanaan rekomendasi hasil pengawasan yang dilakukan,” ujar Dhoni. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *