Tak Hanya Baik untuk Bayi, Ternyata Ini Dampak Positif Menyusui bagi Ibu

Rembangnews.com – Aktivitas menyusui ternyata tak hanya berdampak baik bagi bayi. Namun ternyata juga menyimpan berbagai macam dampak positif bagi sang ibu.

Dampak positif yang diberikan tak hanya berkaitan dengan dampak fisik namun juga mental dari ibu. Berikut ini rangkuman manfaat dari menyusui bagi ibu.

Bantu Mengatasi Trauma Pasca Persalinan

Menyusui menjadi aktivitas yang mendekatkan emosional ibu dan bayi. Dengan proses menyusui, ibu yang mungkin mengalami trauma pasca persalinan akan perlahan teratasi.

Sehingga ibu akan bisa merasakan kebahagiaan dalam mengasuh bayi pertamanya. Saat aktivitas menyusui juga dilakukan, maka akan memicu pelepasan hormon oksitosin yang membantu meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan bayi.

Baca Juga :   Gejala Tipes dan Penyebabnya

Menyehatkan Mental Ibu

Menyusui bisa membuat mental sang ibu menjadi lebih sehat. Hal itu karena ikatan antara bayi dan ibu yang terbentu saat menyusui bisa mengurangi risiko depresi postpartum dan baby blues syndrome.

Mencegah Risiko Kanker Payudara dan Ovarium

Manfaat lainnya yang akan dirasakan sang ibu adalah berkurangnya risiko terkena penyakit kanker payudara dan ovarium.

Hal itu karena menyusui membuat tubuh sang ibu mengalami penurunan kadar hormon estrogen yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker payudara dan ovarium.

Dengan berbagai manfaat tersebut, maka bisa dikatakan jika pemberian ASI eksklusif pada bayi menjadi hal yang penting dilakukan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *