Berawal dari Gagal Panen, Petani Asal Rembang Sukses Tanam Melon Premium di Greenhouse

Rembang, Rembangnews.com – Seorang petani asal Desa Kedungtulup Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang berhasil mengembangkan melon premium dengan sistem green house.

Awalnya, petani bernama Mohammad Asnawi mengalami gagal panen saat bertanam di lahan terbuka. Kegagalan itu membuatnya mencoba bertanam di green house. Siapa sangka, langkahnya itu justru membuahkan kesuksesan.

Bahkan lokasi budidaya melonnya itu kini dikembangkan menjadi tempat wisata edukasi petik melon.

Ia menilai jika menanam melon dengan sistem greenhouse memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan cara konvensional. Dimana perawatan yang mudah dan tidak perlu tenaga serta biaya yang banyak karena pemupukan menggunakan sistem tetes.

Ia menungkapkan jika melon premium tidak menggunakan semprotan pestisida maupun insektisida kimia, sebagaimana tanaman melon pada umumnya. Namun semprotannya menggunakan vitamin atau nutrisi.

Baca Juga :   Dua Pekan BBM Naik, Harga LPG 3 Kg Rembang Terpantau Masih Sama

“Perawatannya tergolong cukup ringan, setiap hari pemupukan sistem tetes. Kalau melon di lahan hamparan kan obatnya banyak sekali, tapi yang melon premium ini semprotannya sangat ringan. Paling seminggu sekali, dengan vitamin atau nutrisi,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *